facebook

Lebih Jelas dan Teratur, Gunakan Teknik Ini untuk Menjelaskan Sesuatu!

Dea Nabila Putri
Lebih Jelas dan Teratur, Gunakan Teknik Ini untuk Menjelaskan Sesuatu!
Ilustrasi seorang perempuan sedang presentasi.(unsplash.com)

Kita sering dihadapkan dengan keadaan harus berbicara di depan khalayak ramai. Hal ini dianggap sebagian orang adalah hal yang menakutkan karena takut dalam menyampaikan sesuatu. Banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melatih pemilihan kosakata yang kita miliki menjadi kalimat efektif dan mudah dimengerti oleh banyak orang. Hal tersebut harus didukung dengan latihan yang intens serta percobaan berbicara di depan panggung untuk mengatasi demam panggung.

Salah satu trik atau metode penyampaian argumen yang bisa kita lakukan adalah teknik PREP (point, reasons,explanation,point). Trik ini sangat cocok digunakan ketika kita sedang berada di posisi harus memberikan pendapat kita dengan jelas di depan publik dan membuat kosakata lebih teratur. Lalu, apa saja teknik PREP yang bisa kita lakukan? Simak penjelasannya!

1. Point

Hal pertama yang bisa kita rangkai adalah kalimat atau poin. Poin disini berarti suatu kalimat yang menyatakan persetujuan kita atas suatu masalah. Pakailah argumen awalmu dan mulailah memberikan pendapatmu. Contohnya poin awal yang bisa kamu lontarkan adalah kalimat "menurut saya" atau "saya percaya". Fungsi dari poin ini adalah untuk menunjukkan kalau kamu tegas dan percaya diri.

2. Reasons

Kamu bisa membubuhkan alasan kamu atas persetujuan masalah yang kamu hadapi. Hal ini membuat orang lain yakin bahwa kamu memiliki latar belakang dan alasan yang kuat untuk menyampaikan hal yang ingin kamu bicarakan. Cobalah untuk menelaah karakter lawan bicaramu atau audiens. Gunakan kata-kata yang sopan dan tegas sehingga orang lain mengetahui bahwa kamu mampu untuk menyampaikan argumenmu secara lugas.

3. Explanation

Selain memberikan alasan atas argumenmu, berikan mereka contoh contoh implementasi dari argumen yang kamu sampaikan. Jelaskan kepada mereka bahwa persetujuanmu terhadap masalah didasari oleh data data atau implementasi yang sudah terjadi sebelumnya. Hal ini akan membuka pikiran orang lain mengenai cara penyampaianmu dan data yang kamu sampaikan tidak bisa mereka sanggah.

4. Point

Tegaskan kembali tentang argumen yang sudah kamu lontarkan sebelumnya dengan tambahan kalimat, "maka dari itu, saya setuju bahwa" untuk menutup keseluruhan penjelasan yang sudah kamu jelaskan sebelumnya.

Tidak ada salahnya untuk mencoba teknik baru ini, asalkan selalu diiringi dengan latihan yang intens dan ketekunan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak