alexametrics

Mudah Saja, Ini 3 Tips Mencairkan Daging yang Beku dari Freezer

Hayuning Ratri
Mudah Saja, Ini 3 Tips Mencairkan Daging yang Beku dari Freezer
Ilustrasi daging beku (Unsplash.com/Victoria Shes)

Olahan daging menjadi favorit bagi banyak orang. Namun, terkadang ada persoalan yang mengganjal saat memasak daging. Misalnya menunggu daging hingga mencair sebelum siap dimasak.

Daging beku dapat memakan waktu yang lama untuk mencair jika hanya didiamkan begitu saja. Padahal perut sudah mulai keroncongan. Lalu bagaimana melelehkan daging yang beku ini? Jangan khawatir, berikut ini terdapat tiga tips mudah untuk mencairkan daging beku dari freezer. Yuk disimak satu per satu.

1. Hindari mengguyur daging dengan air secara langsung

Beberapa orang mungkin kurang sabar menanti es pada daging yang tak kunjung meleleh. Namun, mengguyur daging dengan air secara langsung bukanlah solusi yang tepat. Pasalnya, daging yang dicairkan dengan air wajib hukumnya untuk segera dimasak. Jika kalian berusaha membekukan daging itu lagi, dikhawatirkan terdapat bakteri pada air yang dapat tumbuh subur di dalam daging. Jadi, hindari mencairkan daging dengan air secara langsung apabila kalian masih ingin menyimpan sebagian daging untuk masak berikutnya.

2. Menaruh daging dalam lemari pendingin

Jauh beberapa waktu sebelum kamu memasak, usahakan untuk memindahkan daging beku dari freezer ke dalam lemari pendingin biasa. Setidaknya, kamu membutuhkan waktu semalam agar daging tak mengeras seperti batu lagi. Oleh karena itu, kamu perlu merencanakan baik-baik waktu memasak agar tidak sia-sia hanya menunggu daging yang tak kunjung cair.

3. Merendam daging melalui perantara

Ada cara mudah lainnya yang dapat kamu terapkan untuk mempercepat daging segera mencair yaitu dengan merendam daging melalui perantara. Jadi, sebenarnya kamu dapat memakai air untuk mencairkan daging, namun jangan sampai daging tersebut bersentuhan secara langsung.

Caranya bagaimana? Kamu dapat memasukkan potongan daging beku ke wadah terlebih dahulu sebelum akhirnya wadah tersebut direndam pada air biasa. Dengan demikian, permukaan daging tidak menyentuh air secara langsung, namun terkena permukaan wadah yang kamu gunakan. Langkah tersebut dapat mencegah daging terkontaminasi oleh bakteri, sehingga lebih aman untuk dikonsumsi.

Nah, itulah sejumlah tips yang dapat kamu lakukan saat ingin mencairkan daging yang beku seperti batu agar bisa cepat siap dimasak. Apakah kamu sudah melakukan cara yang tepat? Semoga membantu ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak