facebook

Tidak Punya AC? Ini 5 Tips Agar Tetap Merasa Sejuk saat Musim Kemarau!

Dwi
Tidak Punya AC? Ini 5 Tips Agar Tetap Merasa Sejuk saat Musim Kemarau!
Ilustrasi panas matahari [shutterstock]

Di Indonesia, hanya terdapat dua musim yakni musim hujan dan musim kemarau. Ketika musim kemarau tiba, ruangan di dalam rumah menjadi terasa panas. Solusi paling mudah agar tidak gerah biasanya dengan menyalakan AC (air conditioner). Namun bagi penduduk yang tidak mempunyai AC, bagaimana ya?

Menyadur dari Healthline ada beberapa tips agar terasa tetap sejuk ketika musim panas, mari kita simak!

1. Pastikan Ventilasi di Rumah Memadai

Salah satu cara terbaik untuk tetap sejuk adalah menghindari panas dengan tetap berada di dalam ruangan dengan ventilasi yang memadai. Selain itu, menutup tirai pada siang hari dapat menghalangi sinar matahari yang langsung memasuki ruangan. Coba gunakan tirai yang bisa melindungi dari cahaya matahari, karena tirai dengan bahan yang tepat dapat menghalangi panas dan menjaga ruangan tetap sejuk.

2. Jangan Menggunakan Benda yang Mengeluarkan Panas

Ada beberapa benda di dalam rumah yang dapat meningkatkan suhu panas misalnya, oven. Ketika oven dinyalakan, dapat membuat suhu di dalam ruangan terasa tambah panas. Jadi, jika ingin udara di dalam ruangan tetap sejuk, jangan menggunakan benda tersebut ya!

3. Pastikan Selalu ada Air di Sampingmu

Saat musim panas, mudah bagi tubuh untuk kehilangan cairan melalui keringat saat terkena suhu tinggi. Di saat seperti ini, seseorang dapat mengalami dehidrasi. Untuk itu, minumlah cukup air untuk mengganti cairan yang hilang selama musim panas. Minum yang cukup dapat melindungi dari sengatan panas atau kelelahan akibat panas.

4. Mengompres dengan Air Dingin

Jika kamu merasa suhu badan kamu meningkat, disarankan untuk mengoleskan kompres dingin pada bagian-bagian tubuh tertentu seperti leher dan pergelangan tangan. Namun perlu diingat, jangan mengoleskan es langsung ke kulit karena dapat menyebabkan luka bakar akibat es. Sebaiknya es dilapisi kain atau handuk.

5.  Pakai Pakaian yang Nyaman dan Gunakan Tabir Surya

Ketika suhu ruangan terasa panas, pakailah pakaian yang longgar, ringan, dan berwarna terang. Warna putih dan terang dapat memantulkan sinar matahari sedangkan warna gelap seperti hitam menyerap panas. Dan jangan lupa untuk mengoleskan tabir surya pada area tubuh yang tidak tertutup pakaian, walaupun di dalam mobil tetap harus memakai tabir surya karena sinar UV dapat masuk lewat jendela.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak