facebook

5 Cara Memelihara Burung Murai Batu agar Rajin Berkicau

Andi Nitha
5 Cara Memelihara Burung Murai Batu agar Rajin Berkicau
ilustrasi burung murai batu (pexels).

Mendengarkan kicauan burung sangat menyenangkan. Banyak yang memelihara burung agar selalu mendengarkan kicauannya. Di antaranya burung pekicau yang sering dipelihara adalah murai batu. Apakah kamu memelihara burung murai batu?

Tahukah, agar burung peliharaan kamu selalu berkicau dengan indah, harus dipelihara dengan baik dan diperhatikan kesehatannya. Burung yang sehat akan membuatnya rajin berkicau. Apa sajakah yang cara agar burung Murai batu berkicau? Berikut lima cara memelihara burung Murai batu agar rajin berkicau

1. Perhatikan kebersihan kandang

Kebersihan adalah pangkal kesehatan. Demikian juga dalam memelihara burung. Kebersihan kandang sangat utama. Kotoran burung yang bertumpuk dapat menyebabkan penyakit seperti penyakit pada kuku atau kaki dan kutu di bagian bulu.

Bersihkan tempat makan dan minumannya setiap hari. Jangan sampai tempat minumannya berlumut. Gak maukan burung kesayanganmu mogok berkicau akibat keteledoran tidak menjaga kebersihan kandang dan peralatan makan minumannya.

2. Perhatikan lokasi kandang

Lokasi kandang juga perlu diperhatikan, ya. Letakkan kandang yang terkena sinar matahari dari jam delapan hingga sepuluh siang. Letakkan juga kandang di tempat yang terbuka karena membuat burung tidak stres.

Pastikan lokasi kandang aman dari hewan predatornya, seperti kucing. Burung yang stres membuatnya tidak mau berkicau.

3. Perhatikan jenis pakan

Kesehatan burung peliharaan juga tergantung dari pakannya. Perhatikan makanan hariannya misalnya, biji-bijian, atau Voer. Jangan sampai terlambat memberikan makan burung peliharaanmu karena akan mengganggu kesehatannya.

Berikan juga makanan tambahan seperti jangkrik, ulat Hongkong, cacing, kroto, dan lain-lain. Makanan tambahan ini mengandung nutrisi yang tinggi agar burung murai batumu rajin berkicau.

4. Memandikan burung

Burung murai batu memerlukan air untuk mandi. Sediakan bak kecil di dalam sangkar untuk mandi.

Dapat juga lakukan penyemprotan pada burung dengan menggunakan alat semprot.
Menyediakan air atau menyemprot burung membuatnya burung menjadi segar, sehingga ia akan rajin berkicau.

5. Ajak burung berkomunikasi

Tidak ada salahnya kamu mengajak berkomunikasi pada burung murai batumu. Agar terdapat hubungan yang baik. Lakukan saat memandikan atau menyemprotnya dan memberi makan camilan.

Kamu juga dapat secara rutin mendengarkan rekaman suara murai batu lainnya pada burung peliharaan mu. Cara ini untuk melatihnya berkicau sehingga ia akan menirukan suara tersebut.

Nah, sudah tahu cara agar burung murai batu peliharaan rajin berkicau. Jika burung peliharaan kamu terpelihara kesehatannya, maka ia akan rajin berkicau.

Mendengarkan kicauan burung akan membuat rileks dan menghibur hati, lho. Yuk, terapkan cara di atas agar burung murai batumu rajin berkicau, penghibur saat kau sedang sedih. Semoga bermanfaat.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak