facebook

5 Tips Memberi Self Reward Tanpa Membahayakan Isi Dompet

Prasetya Buana
5 Tips Memberi Self Reward Tanpa Membahayakan Isi Dompet
Ilustrasi wanita bersantai (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setelah bersusah payah menyelesaikan suatu tugas atau pekerjaan, sudah sepantasnya kamu memberikan hadiah kepada diri sendiri sebagai wujud apresiasi atas kerja kerasmu. Kegiatan ini biasa disebut dengan istilah self reward.

Selain membuatmu semakin termotivasi, pemberian penghargaan ini juga dapat menjaga kesehatan mental. Makanya aktivitas yang termasuk ke dalam self love ini penting untuk dilakukan oleh siapa pun.

Namun, perlu diperhatikan, kamu harus tahu batasan saat hendak memberi imbalan pada diri sendiri. Jangan sampai kamu merogoh kocek terlalu dalam hanya untuk membeli beberapa hal yang sebenarnya tak kamu perlukan. Itu namanya pemborosan!

Nah, di bawah ini sedikitnya ada lima tips memberi self reward tanpa membahayakan isi dompet.

1. Menyiapkan bujet khusus untuk self reward

Menabung
Menabung (pexels)

Menyiapkan bujet khusus untuk self reward adalah cara paling efektif buat mencegah perilaku boros. Setiap kali menerima gaji, tentukan berapa persen penghasilanmu yang akan digunakan untuk kepentingan self reward.

Kamu juga bisa coba membuat akun bank atau dompet digital terpisah, khusus untuk pengeluaran self reward. Dengan begini, dana kebutuhan pokok lainnya akan terselamatkan, tidak tercampur apalagi terpangkas.

2. Manfaatkan promo dan potongan harga

Belanja online
Belanja online (pexels)

Dewasa ini, kegiatan belanja online selalu memikat karena banyak promo menarik yang bertebaran. Hampir semua platform e-commerce sering mengadakan diskon besar-besaran.

Nah, kamu bisa manfaatkan momen satu ini dengan membeli suatu barang incaran sebagai wujud penghargaan atas usahamu. Dengan potongan harga atau cashback, tentunya kegiatan membelanjakan uang untuk self reward ini bakal jauh lebih hemat.

Untuk mengetahui promo apa saja yang sedang berlangsung, kamu harus rajin-rajin mengeceknya di akun media sosial resmi aplikasi belanja online tersebut.   

3. Lakukan kegiatan positif yang gratis

Membaca
Membaca (pexels)

Alih-alih membeli suatu barang, cobalah untuk mengganti self reward ke dalam bentuk lain, seperti dengan melakukan me time misalnya. Selain gratis, kegiatan meluangkan waktu untuk diri sendiri ini juga bagus untuk mengembalikan mood-mu yang turun akibat kelelahan bekerja.

Saat me time kamu bebas melakukan hal apa pun sesuka hati. Bisa membaca buku favorit, tidur siang, atau menonton televisi. 

4. Pastikan bukan karena gengsi semata

Nongkrong
Nongkrong (pexels)

Mengeluarkan sejumlah uang untuk self reward demi mendapatkan pengakuan dari orang lain merupakan kekeliruan yang fatal. Sebab, hal ini tidak sejalan dengan tujuan sebenarnya dari memberi self reward, yakni untuk memotivasi sekaligus membahagiakan diri sendiri.

Jika semua ini dilakukan hanya sekadar buat memenuhi ego atau gengsi, niscaya kamu tidak bakal pernah merasa puas, dan akan selalu menginginkan lebih. Oleh karena itu, kamu mesti meluruskan niatmu terlebih dulu sebelum memberi penghargaan kepada diri sendiri.

5. Bedakan mana kebutuhan, mana keinginan

Berpikir
Berpikir (pexels)

Ketika hendak memberi imbalan pada diri sendiri, seseorang lebih sering menuruti keinginan daripada kebutuhan. Mereka belanja begitu banyak barang yang sebetulnya tidak terlalu diperlukan. Sehingga lama-kelamaan kebiasaan boros ini akan mengakar kuat dalam diri orang tersebut.

Meskipun kamu bebas membeli apa pun sebagai self reward, tapi alangkah lebih bijaknya jika kamu lebih mendahulukan kebutuhan ketimbang keinginan. Karena biasanya apa yang kamu inginkan itu tidak sepenting atau seberguna dari apa yang kamu butuhkan.

Itu tadi lima tips memberi self reward tanpa khawatir kantong jadi bolong. Dari uraian di atas, dapat disimpulkan, bahwa kegiatan mengapresiasi diri sendiri ini sangat bisa dilakukan dengan cara yang hemat, dan jauh dari kata boros.   

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak