facebook

5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Tak Kunjung Mendapatkan Pekerjaan

Prasetya Buana
5 Hal yang Bisa Kamu Lakukan saat Tak Kunjung Mendapatkan Pekerjaan
Ilustrasi job seeker.(Unsplash.com/Bermix Studio)

Di zaman sekarang, memperoleh pekerjaan bukanlah proses yang singkat, bahkan bisa membutuhkan waktu berbulan-bulan lamanya. Namun, semua jerih payah itu pada akhirnya bakal terbayarkan ketika kamu berhasil mendapatkan pekerjaan yang kamu dambakan. Oleh karena itu, tetaplah optimis dan berjuang.

Bagi para job seeker yang telah mengirim banyak lamaran kerja, tapi masih belum juga mendapat panggilan, berikut ada beberapa hal yang bisa kamu coba Lakukan.

1. Memperbaiki kesalahanmu dalam melamar kerja

Kamu tak kunjung mendapat pekerjaan pasti ada alasannya. Bisa jadi CV kamu kurang menarik dan informasi yang tercantum di dalamnya tidak relevan dengan posisi yang kamu lamar. Atau, format surat lamaran kerjamu masih berantakan.

Untuk itulah, kamu mesti memeriksa kembali seluruh dokumen lamaran kerjamu, barangkali masih ada hal keliru yang menyebabkan penilaian perekrut terhadap lamaranmu jadi jelek. Jadi, sebelum melamar pekerjaan yang berikutnya, pastikan persiapanmu sudah matang.

2. Mengunjungi job fair

Selain melalui email atau pos, melamar kerja juga bisa dengan cara mengunjungi job fair. Di sana akan hadir banyak perusahaan yang bisa kamu pilih untuk kamu lamar.

Daripada terus-terusan menunggu bola, sesekali kami harus mengejar bola. Kesempatan mendapatkan pekerjaan di job fair lebih terbuka lebar ketimbang melamar secara online. 

3. Mengirim lamaran kerja ke banyak tempat

Supaya cepat dapat ikan kamu mesti menebar jala, bukan hanya mengandalkan kail pancing. Sama seperti mencari kerja, kamu tak boleh bergantung pada satu lamaran saja, kamu harus mengirim lamaran kerjamu ke lebih banyak tempat lagi.

Setelah semua itu dilakukan, kamu tinggal menunggu mana yang menyambar umpanmu lebih dulu. Cara ini layak kamu coba jika sangat membutuhkan pekerjaan dalam waktu dekat.

4. Mencoba menjadi freelancer

Selama menganggur, kamu masih bisa mendapatkan pemasukan dengan mencoba peruntungan bekerja sebagai seorang freelancer. Apalagi, akhir-akhir ini bayaran freelancer cukup lumayan.

Ada banyak kategori pekerjaan yang tersedia, seperti menulis, mengedit video, memotret, menerjemahkan, dan masih banyak lagi. Kamu tinggal menyesuaikannya dengan minat dan keterampilan yang kamu miliki.

5. Berlatih wawancara kerja

Saat lamaran kerjamu diterima, biasanya tahapan selanjutnya yang mesti kamu lewati adalah interview. 

Kamu akan ditanyai sejumlah pertanyaan mengenai latar belakangmu, pengalaman kerja, sampai motivasi bekerja. Oleh karena itu, sembari menunggu undangan interview, kamu bisa mulai berlatih dari sekarang.

Pelajari lewat internet, pertanyaan-pertanyaan apa saja yang biasa diajukan saat wawancara kerja. Dengan begini, peluangmu untuk diterima semakin besar.

Nah, itu tadi lima hal yang bisa kamu lakukan selama menjalani masa mencari kerja. Tetap semangat dan optimis!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak