facebook

Terlihat Wajar, 5 Hal Ini Justru Bikin Lelah Mental

Prasetya Buana
Terlihat Wajar, 5 Hal Ini Justru Bikin Lelah Mental
Ilustrasi kelelahan. (pexels.com/Karolina Grabowska)

Rasa lelah tidak hanya dirasakan oleh fisik, tetapi juga mental. Tidak seperti lelah fisik, mental yang kelelahan cenderung lebih sulit untuk dipulihkan. Sebab, sumber pemicunya sering kali tampak abu-abu, sehingga tidak dapat diketahui secara pasti.

Namun setidaknya ada beberapa hal yang selama ini kerap dipandang wajar, padahal bisa bikin mental terbebani. Yuk, kenali apa saja itu. Dan jangan lupa untuk segera menghindarinya agar tidak lelah mental.

1. Terobsesi untuk menjadi pribadi yang produktif

Keinginan untuk meningkatkan level produktivitas tentu merupakan hal yang positif. Namun ingat, hal ini juga perlu dibarengi dengan pemahaman tentang konsep produktif yang seimbang. 

Jangan sampai dalam praktiknya kamu malah cenderung bekerja secara gila-gilaan, tanpa memikirkan jeda. Sebab, hal ini malah akan menjurus ke toxic productivity yang berdampak buruk bagi kesehatan fisik maupun mental.

2. Ingin tampil menarik di mata orang lain

Alasan kenapa banyak orang sering berusaha tampil menarik adalah supaya bisa mendapatkan perhatian lebih dari orang lain. Karena dengan begitu, mereka merasa diakui eksistensinya.

Padahal, sudah jelas bahwa apa yang orang lain pikirkan mengenai dirimu tak akan pernah bisa kamu prediksi secara pasti. Oleh karena itu, untuk apa repot-repot memastikan semua orang menyukai penampilan kita?

Cukuplah dengan menunjukkan penampilan kita yang apa adanya, yang mencerminkan siapa diri kita, dan yang membuat kita merasa nyaman.

3. Terlalu kepo dengan urusan orang lain

Jangan jadikan rasa simpati sebagai dalih untuk ikut campur pada urusan orang lain. Kita harus mengenal batasan satu sama lain.

Bila pendapat kita tidak diperlukan, maka jangan terlalu memaksakan.

Lagi pula apa untungnya jika kita tahu persolan hidup orang lain. Yang ada malah beban pikiran kita jadi bertambah.

4. Ingin selalu menyenangkan hati orang lain

Terkadang kita mengira bahwa kebahagiaan orang-orang terdekat kita merupakan tanggung jawab kita. Padahal, pemikiran seperti ini sangat keliru.

Sebab, bagaimanapun juga kita tidak akan pernah tahu bagaimana perasaan orang lain yang sesungguhnya. Memastikan semua orang merasa bahagia atas kehadiran kita hanya akan membuat hati kita jadi tidak tenang. 

Alih-alih begitu, lebih baik kita fokus saja untuk berbuat baik pada siapa pun, tanpa terlalu memikirkan reaksi orang lain.

5. Memamerkan kemampuan diri 

Percaya pada kemampuan diri sendiri itu bagus, malah wajib. Namun, menunjukkannya secara berlebihan di waktu yang tidak tepat dengan maksud agar orang lain merasa terpukau dan mengakui kehebatan kita, tentu bukanlah sikap yang bijak.

Mengharapkan pujian dari orang lain itu pada dasarnya sangatlah melelahkan. Lagi pula, kita ini sebenarnya sudah hebat dengan caranya masing-masing, meskipun tanpa pengakuan dari orang lain sekalipun.

Nah, itu tadi lima hal yang terlihat wajar, padahal bisa bikin lelah mental. Yuk, segera sadari dan hindari!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak