facebook

Dear Pekerja, Ini 5 Hal yang Mesti Kamu Lakukan di Hari Pertama Masuk Kerja

Prasetya Buana
Dear Pekerja, Ini 5 Hal yang Mesti Kamu Lakukan di Hari Pertama Masuk Kerja
Ilustrasi memperkenalkan diri di hadapan rekan kerja. (Pexels.com/fauxels)

Hari pertama masuk kerja adalah momen yang membahagiakan sekaligus bikin grogi. Namun, jangan sampai perasaan campur aduk ini malah mengacaukan segalanya.

Berikut ada beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan agar hari pertama masuk kerja berjalan lancar.

1. Memperkenalkan diri di hadapan rekan kerja

Hal terpenting yang wajib kamu lakukan di hari pertama masuk kerja adalah memperkenalkan dirimu di hadapan rekan-rekan kerja. 

Ini merupakan langkah awal untuk menjalin komunikasi yang positif. Sebab, nantinya kamu akan bekerja bersama dengan mereka. Jadi, jangan ragu untuk membaur.

2. Mengenali lingkungan kerja

Di hari pertama masuk kerja biasanya kamu akan diajak berkeliling melihat-lihat lingkungan kerja. Sembari melakukan hal tersebut kamu juga bisa sekalian menghapal denah tempat kerjamu.

Meskipun terdengar remeh, ini akan sangat berguna untuk ke depannya, dan tidak menutup kemungkinan juga dapat membantumu jikalau pekerjaanmu menuntutmu untuk bergerak ke sana ke mari.

3. Mengamati budaya kerja

Di hari pertama masuk kerja kamu harus mulai mengamati budaya kerja yang diterapkan di sana. Apakah itu mengutamakan kualitas, atau lebih fokus mengejar target?

Dengan begitu, kamu bisa menyesuaikan diri agar selaras dengan budaya kerja di tempat kerjamu.

4. Membaca peraturan 

Kamu mesti membaca peraturan tertulis yang ada di sana agar kamu tidak membuat kesalahan di hari pertama masuk kerja. Biasanya peraturan-peraturan penting ini dapat dengan mudah ditemukan di tempat-tempat yang sering dilalui orang-orang.

Apabila ketika berjalan kamu menjumpai papan peraturan yang terpasang di tembok, maka berhenti terlebih dahulu dan baca itu dengan saksama.

5. Mencatat poin penting dari pekerjaanmu

Diterimanya kamu bekerja, tentunya untuk mengisi posisi tertentu. Jabatan yang kamu tempati juga pastinya punya tugas, tanggung jawab, dan wewenang yang wajib kamu ketahui.

Oleh karena itu, catatlah poin-poin penting dari job desc-mu. Jika masih ada yang belum kamu pahami, bertanyalah pada atasan atau senior yang sebelumnya menjabat di posisi tersebut.

Hari pertama masuk kerja adalah momen penting yang sebisa mungkin harus dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya. Lima hal di atas bisa kamu coba lakukan. Selamat bekerja dengan penuh semangat!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak