facebook

5 Tips agar Terhindar dari Sifat Sombong saat Memperoleh Keberhasilan

Prasetya Buana
5 Tips agar Terhindar dari Sifat Sombong saat Memperoleh Keberhasilan
Ilustrasi bersemangat (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Berhasil mencapai target impian atau memperoleh suatu kemenangan, tentu merupakan momen yang sangat membahagiakan. Kamu pun merasa bangga pada diri sendiri, sampai-sampai tak sabar untuk menceritakan pengalaman berharga ini kepada yang lain. 

Hal tersebut boleh-boleh saja dilakukan karena bisa menjadi motivasi bagi yang lain. Tetapi ingat, jangan terlalu berlebihan hingga mengunggulkan diri sendiri, sebab itu menjurus pada perilaku angkuh.

Tetaplah rendah hati dan sadari bahwa di atas langit masih ada langit. Berikut ialah lima cara agar terhindar dari sifat sombong saat memperoleh keberhasilan.

1. Tempatkan dirimu di posisi yang sejajar dengan orang lain

Kedudukan dirimu dengan orang lain itu setara, tidak ada yang lebih tinggi atau rendah. Baik kamu maupun orang lain, memiliki kesempatan yang sama untuk menggapai mimpi-mimpi, meski dengan alur yang berbeda.

Kamu hebat dalam melakukan suatu hal, begitu pun orang lain, terampil dalam melakukan hal lain yang menurutmu sulit. Oleh karena itu, jauhi pemikiran yang merendahkan orang lain. 

2. Sadari kelemahan yang kamu miliki

Hanya karena kamu menonjol dan berhasil di suatu bidang, bukan berarti kamu juga hebat dalam segala hal. Kamu mesti sadar bahwa masih banyak hal lain yang tak dapat kamu kuasai.

Jadi, untuk apa berbesar kepala? Toh, siapa pun juga punya peluang untuk meraih mimpinya lewat caranya masing-masing.

Dengan memahami hal ini, kamu akan terhindar dari kebiasaan buruk menyombongkan diri.

3. Sikapi kelebihan diri sendiri dengan sewajarnya

Kelebihan yang ada pada dirimu adalah sebuah anugerah. Sama sepertimu, orang lain juga memilikinya, tapi dalam bentuk yang berbeda-beda.

Maka dari itu, alih-alih membanggakan diri sendiri atas sesuatu yang orang lain juga pasti punya, kamu patutnya bersyukur. Lalu, kamu harus mulai belajar menyikapi kelebihanmu dengan lebih bijaksana agar tidak mudah besar kepala.

4. Stop menilai orang berdasarkan kemampuannya

Kelebihan seseorang tidak hanya terlihat dari seberapa cakapnya dia dalam mengerjakan suatu hal. Sebab, sebagian orang ada yang menunjukkan kualitas dirinya melalui perilaku dan tindakan.

Jadi, sangat tidak adil jika hanya menilai seseorang berdasarkan kemampuannya saja. Ingat, kelebihan seseorang itu bisa berasal dari berbagai aspek.

5. Jadilah pribadi ramah yang menjaga perasaan orang lain

Keangkuhan bisa menyakiti hati orang lain, merusak hubungan, dan menimbulkan kebencian. Untuk menghindarinya, berusahalah untuk menjadi pribadi yang lebih ramah dan memikirkan perasaan orang lain.

Berhati-hati dalam bertutur kata, serta menjalin hubungan yang tulus dengan banyak orang. Karena bagaimanapun, kesuksesan yang kamu peroleh saat ini juga berkat dorongan dan doa dari orang-orang di sekitarmu.

Itu tadi lima tips agar terhindar dari rasa sombong saat baru mendapatkan sebuah kesuksesan. Tak peduli seberapa bahagianya kamu, jadilah seorang pemenang yang senantiasa rendah hati.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak