facebook

4 Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Agar Kerja Makin Produktif!

Reza Hour
4 Cara Meningkatkan Kemampuan Berpikir, Agar Kerja Makin Produktif!
Ilustrasi berpikir. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Memiliki cara berpikir yang baik sangatlah membantu dalam aktivitas sehari-hari, termasuk dalam dunia bekerja.  Sebab, akan ada beragam persoalan yang bisa terjadi direncanakan atau tidak, sehingga kita harus menanggapi semua itu dengan berpola pikir yang kreatif, dan inisiatif.

Selain itu, masih banyak tuntutan pekerjaan yang mesti membutuhkan kemampu cara pikir yang baik. maka dari itu, simak 4 cara meningkatkan kemampuan berpikir, biar kerja makin produktif.

1. Mengurangi bekerja secara multitasking

Multitasking adalah seseorang yang mengerjakan banyak hal namun dalam waktu yang sama. Hal inilah yang menyebab fokus pikiran menjadi terbagi-bagi. Namun, kalau sekali saja kehilangan konsentrasi, malah pekerjaan jadi berantakan.

Maka dari itu, bekerjalah berdasarkan skala prioritasnya, lalu kerjakan sampai benar-benar tuntas. Setelah itu, baru bergantian mengerjakan tugas yang lain. Cara ini membantumu bisa jauh lebih berkonsentrasi terhadap hal yang lebih penting untuk dikerjakan.

2. Membuat banyak planning untuk menyelesaikan satu permasalah dan pilih yang terbaik

Kalau telah bisa fokus pada satu hal saja, saatnya melatih untuk menyelesaikan permasalahan secara baik. kalau kita dihadapkan suatu permasalahan, pasti akan mencari jalan keluar untuk bisa terbebas dari hal tersebut.

Untuk menyelesaikannya, membutuhkan beragam sudut pandang dari persoalan tersebut, lalu buatlah banyak planning yang bisa dijadikan opsi untukmu. Lalu pilihlah yang terbaik.

3. Jernihkan pikiran terlebih dahulu sebelum memikirkan sesuatu hal dengan lebih dalam

Jangan menyelesaikan permasalahan kalau kamu sendiri masih banyak pikiran yang kusut. Apalagi, kamu diharuskan menyelesaikan masalah yang kompleks. Sebaiknya, sortir terlebih dahulu hal apa saja yang penting kamu pikirkan saat ini atau yang ada kaitannya dengan tugasmu.

4. Menulis ada yang ada dipikiranmu untuk mengetahui gambaran besarnya

Daripada terus-menerus memikirkan sesuatu hal tanpa ada ujungnya, sebaiknya jabarkan saja apa yang ada dipikiranmu untuk menjadi solusi terbaik. Sebab, dalam menyelesaikan masalah kita perlu gambaran besar untuk mengetahui dari beragam sudut pandang.

Alhasil, kamu akan mengetahui beragam kemungkinan yang bisa terjadi. Sehingga, kamu bisa memilih jalan keluar yang tepat dalam permasalahan yang sedang kamu hadapi.

Berdasarkan ulasan di atas, memiliki kemampuan berpikir yang baik bisa dijadikan modal untuk meningkatkan performa dalam dunia kerja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak