alexametrics

Menabung Rutin dan Terjamin, Kenali 5 Jenis Tabungan Kekinian Ini!

Dea Nabila Putri
Menabung Rutin dan Terjamin, Kenali 5 Jenis Tabungan Kekinian Ini!
Ilustrasi tabungan (pixabay)

Kalau kata pepatah, bisa karena biasa. Banyak sekali hal-hal mudah yang dapat dilakukan di dunia ini jika kita terbiasa untuk melakukannya. Salah satunya adalah menabung. Di masa kini, menabung adalah sebuah keharusan yang dilakukan oleh semua kalangan mulai dari anak-anak, remaja, hingga dewasa, dalam misi menyelamatkan finansial di masa mendatang.  Sejak kecil, orangtua kita sering memberikan masukan untuk mulai menabung sejak dini, agar nantinya ketika dewasa, dapat lebih mudah untuk mengatur keuangan dan menghadapi hal-hal darurat yang membutuhkan biaya.

Sejak awal tahun 2020 hingga sekarang, banyak bermunculan tabungan kekinian dengan fitur-fitur pendukung yang dapat membantu kita mulai dari perencanaan menabung, pos-pos keuangan, hingga fitur target waktu.

Tak jarang, penyedia layanan tabungan seperti bank atau yang terbaru seperti kartu uang elektronik, memberikan banyak penawaran terhadap pelanggan baru pengguna jasa mereka. Bukan hanya dalam bentuk uang, tabungan masa kini juga dapat berbentuk nominal lain seperti lot saham atau emas. Berikut 5 jenis tabungan kekinian yang bisa dipakai untuk menabung jangka pendek hingga jangka panjang.

1.  Reksadana

Reksadana bisa menjadi salah satu pilihan tabungan jangka panjang yang juga mudah dijangkau. Reksadana sendiri merupakan suatu wadah pengelolaan dana atau modal dalam fungsi investasi. Reksadana dikelola oleh manajer investasi dari platform yang menyediakan reksadana.

Reksadana juga sudah diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan, sehingga kita tidak perlu ragu untuk memulai investasi. Tentu saja di dalam sebuah investasi, akan ada imbal hasil yang didapatkan oleh pengguna dalam jangka waktu tertentu. Hal ini tentu saja memberikan keuntungan kepada penggunanya sehingga cocok untuk digunakan sebagai tabungan. Beberapa platform menyedia layanan pembelian reksadana juga dapat dijangkau melalui aplikasi di smartphone kita dan penggunaannya juga sangat mudah.

2. Deposito

Walau deposito sudah ada sejak lama, tapi fitur-fitur yang dapat digunakan kini sudah banyak macamnya. Fitur autodebet misalnya. Fitur autodebet ini memberikan pelayanan kepada pelanggan dalam bentuk pemotongan nominal secara otomatis untuk dialihkan ke tabungan deposito dalam jangka waktu yang bisa ditentukan sendiri, seperti per hari, per minggu, ataupun per bulan.

Fitur lainnya seperti target nominal tabungan deposito yang bisa kita atur sendiri. Lalu ada aporan cashflow, dan fitur canggih lainnya, sehingga para pengguna akan lebih konsisten dalam menabung di tabungan deposito.

3. Saham

Saham juga merupakan pilihan tabungan yang tepat bagi semua kalangan. Sebelum memasuki digitalisasi 4.0, saham hanya dikenal oleh kalangan menengah ke atas dengan jenis pekerjaan tertentu karena dianggap memiliki nilai yang sangat tinggi dan sulit untuk dijangkau.

Di era kini, investasi saham memiliki prosedur yang lebih mudah,aman, serta transparan. Investasi saham juga memiliki banyak jenis, bahkan dapat dimulai dari nominal kecil. Banyak sekali perusahaan yang sudah bertransformasi untuk menjadi perusahaan IPO (Initial Public Offering) atau perusahaan yang terbuka dengan penawaran saham kepada masyarakat luas.

Dalam kata lain, masyarakat juga dengan bebas bisa membeli saham perusahaan IPO disesuaikan dengan platform yang menyediakannya. Perusahaan penyedia jasa pembelian saham juga mulai menyentuh pasar milenial agar menumbuhkan para investor muda yang paham akan perencanaan finansial sejak dini.

4.  Tabungan Emas

Beberapa perusahaan juga mulai bertransformasi dengan menyediakan layanan tabungan emas kepada para penggunanya. Tak jarang, perusahaan berkolaborasi dengan e-commerce sebagai perusahaan partner untuk menggaet pelanggan. Selain jangkauan pelanggan lebih luas, tujuan pelanggan juga menjadi beberapa fokus.

Jika awalnya pelanggan hanya berbelanja secara daring di e-commerce, dengan kehadiran layanan tabungan emas ini, membuat pelanggan juga aware akan kebutuhan finansial di masa mendatang. Tidak hanya mengeluarkan uang untuk berbelanja kebutuhan, pelanggan juga dapat menyisihkan sedikit uang untuk menabung emas di platform yang sama.

Kesadaran dari masyarakat tentang pentingnya menabung juga mulai muncul dengan adanya fasilitas tabungan emas di berbagai platform, ditambah dengan layanan multipayment, sehingga tidak ada alasan bagi mereka untuk malas menabung.  

5. E-wallet

Jenis tabungan terakhir yaitu e-wallet. Memasuki era transformasi 5.0, semua pembayaran sudah berbasis teknologi. Teknologi pembayaran non-tunai juga menjadi salah satu perkembangan dalam sistem pembayaran.

Selain mudah, pembayaran non tunai juga efisien dan efektif untuk digunakan. Hal ini terbukti seiring bertumbuhnya pengunaan e-wallet yang bersinergi dengan banyak jenis pembayaran non tunai di berbagai sektor. E-wallet juga dapat diakses melalui gadget yang kita punya dengan sejuta fitur.

Fitur split bill, shared account, gratis transfer ke berbagai bank, hingga terintegrasi dengan banyak penyedia layanan lain tentu saja membuat e-wallet digandrungi oleh banyak orang, terutama kaum milenial. Keuntungan lain dalam menggunakan e-wallet yaitu banyaknya penawaran diskon atau voucher yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran lain.

Gimana? Banyak sekali bukan pilihan kita untuk menabung? Tentu saja menuju revolusi industry 5.0 ini, kita diharapkan dapat memahami banyak hal terutama soal kebebasan finansial di masa depan. Untuk mendapatkan kebebasan finansial, harus dimulai sejak dini dengan menabung, sehingga nantinya kita siap untuk menghadapi era selanjutnya. Yuk, mulai nabung!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak