facebook

5 Manfaat Belajar Bahasa Asing, Bisa Bikin Tambah Pintar

Jessie YiCha
5 Manfaat Belajar Bahasa Asing, Bisa Bikin Tambah Pintar
Ilustrasi Orang Sedang Belajar Bahasa Asing (Unsplash/Eliott Reyna).

Permintaan terhadap tenaga kerja yang menguasai bahasa asing sekarang menjadi semakin tinggi. Globalisasi menyebabkan negara-negara perlu bekerja sama satu sama lain untuk membangun perekonomian nasional. Perusahaan-perusahaan swasta dan pemerintah pun mulai mengekspansi bisnisnya ke negara-negara lain untuk memperluas pasar maupun mendapat bahan baku. 

Dengan berkembangnya globalisasi ini, orang-orang yang menguasai bahasa asing memiliki kesempatan yang lebih tinggi untuk mendapat pekerjaan yang lebih baik. Selain itu, sebenarnya ada berbagai keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan jika menguasai minimal satu bahasa asing. Berikut ini 5 manfaat belajar bahasa asing yang mungkin tidak kamu sadari. 

Melatih daya ingat

Tak bisa dipungkiri bahwa belajar bahasa asing akan melatih daya ingatmu. Kebiasaan mempelajari kosakata baru dan menghafalnya di luar kepala akan membuat daya ingat semakin tajam. Ke depannya, kamu bisa semakin mudah menghafalkan berbagai hal karena sudah terlatih selama mempelajari suatu bahasa asing. 

Menambah sumber pengetahuan

Dengan menguasai bahasa asing, kamu bisa mengakses berbagai sumber pengetahuan selain dari Indonesia. Kamu bisa mempelajari ilmu maupun skill tertentu dari pakar-pakar dunia yang mayoritas menggunakan bahasa Inggris. Selain itu, selama proses belajar bahasa, kamu juga akan perlahan-lahan mengenal budaya negara lain yang bisa membuatmu menjadi lebih open minded dan berwawasan luas. 

Memperluas networking

Kamu bisa memperluas jejaring pertemanan jika bisa menguasai bahasa asing dan berkomunikasi dengan orang-orang dari luar negeri. Networking yang kamu bangun ini bisa menjadi jembatan untuk meraih karier impian, mengembangkan lingkar pertemanan, ataupun mempelajari kebudayaan baru dari berbagai negara di dunia. 

Memperlebar kesempatan di ranah internasional

Di zaman globalisasi ini, kesempatan terbuka luas bagi luas bagi kamu yang menguasai bahasa asing. Kamu bisa menguasai konferensi internasional, study abroad, atau bahkan bekerja di luar negeri dan menikmati gaji yang lebih tinggi. Dengan mempelajari setidaknya bahasa Inggris, kamu bisa berinteraksi dan berkolaborasi dengan orang-orang dari seluruh penjuru dunia. 

Mendukung perjalanan studi dan karier

Beberapa tahun terakhir, semakin banyak perusahaan asing yang berinvestasi di Indonesia. Banyak pula perusahaan lokal yang mengekspansi usahanya ke luar negeri. Dengan menguasai bahasa asing, kamu bisa menjadi tenaga kerja yang memiliki nilai tambah. Apalagi jika kamu pernah menjalani pendidikan di luar negeri dan terbiasa berinteraksi dengan orang-orang dari berbagai negara. 

Itulah 5 manfaat belajar bahasa asing. Kira-kira, bahasa asing apa yang ingin kamu pelajari setelah ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak