facebook

6 Hal yang Harus Dipikirkan saat Kamu Mulai Dewasa!

Dea Nabila Putri
6 Hal yang Harus Dipikirkan saat Kamu Mulai Dewasa!
Ilustrasi menjadi dewasa.(unsplash.com)

Takut tambah dewasa, takut aku kecewa. Begitu sedikit lirik dari lagu yang dinyanyikan oleh Idgitaf. Lirik tersebut membuat kita tersadar bahwa kedewasaan bukan tentang soal kesenangan belaka, namun bagaimana kita mengatur semua hal agar tetap di jalur yang sama walau banyak rintangannya. Sewaktu masih anak-anak, kita sering sekali melihat kehidupan manusia dewasa yang bebas dan bisa melakukan apa saja yang mereka inginkan.

Padahal dibalik itu semua, banyak perasaan buruk yang harus dirasakan sendiri dan situasi yang tidak mendukung banyak hal. Kebahagiaan, kesedihan, kekhawatiran bercampur menjadi satu dan harus kita hadapi satu persatu bahkan di saat tidak ada orang yang mendukung kita. Banyak hal yang harus kita hadapi saat dewasa, termasuk hal hal berikut ini.

1. Kesehatan Mental

Saat beranjak dewasa, kesehatan mental adalah hal yang harus menjadi prioritas. Rintangan dan halangan yang terjadi akan lebih berat daripada sebelumnya. Mental yang kuat menjadi hal yang paling penting mengingat tidak ada yang bisa menolongmu selain dirimu sendiri.

2. Keuangan

Sewaktu kecil, kita tidak pernah dipusingkan dengan permasalahan uang karena orang tua kita selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik. Namun beranjak dewasa, keuangan menjadi salah satu permasalahan yang sering dihadapi. Literasi finansial yang masih minim membuat kita sering kebingungan mengatur uang.

3. Percintaan

Semua orang berhak dicintai dengan caranya masing-masing. Hal ini akan selalu terjadi di kehidupan dewasa. Patah hati, kekecewaan, dan hal buruk lainnya bisa terjadi kapan saja, namun hati yang kuat akan membawamu menjadi pribadi yang lebih ikhlas dalam menjalani hari. 

4. Hubungan sosial

Manusia diciptakan sebagai makhluk sosial dan tidak bisa berdiri sendiri tanpa bantuan orang lain. Cobalah menilik kembali hubungan sosialmu dengan teman, tetangga, kerabat, dan orang-orang di sekitarmu. Jangan terlalu acuh tak acuh terhadap lingkunganmu karena suatu saat nanti lingkungan itulah yang akan membawamu ke kehidupan yang lebih baik.

5. Kesehatan fisik

Bukan hanya kesehatan mental, kesehatan fisik juga harus kita jaga sejak dini. Beranjak dewasa, banyak penyakit yang bisa kita alami. Walau daya tahan tubuh kita stabil, namun menjaga kesehatan dengan istirahat yang cukup, makan makanan yang bergizi, dan rutin berolahraga akan membuatmu lebih sehat di masa yang akan datang.

6. Kesabaran

Seiring bertambahnya umur, permasalahan akan semakin kompleks dan bersabar adalah kunci dari semuanya. Walau terdengar sepele, namun sikap inilah yang akan menunjukkan siapa kamu sebenarnya dan orang lain akan lebih menghargaimu.

Kita tidak perlu terlalu takut menghadapi masa masa ini, bekal ilmu yang kuat serta pemahaman soal permasalahan yang akan dihadapi setidaknya membuatmu lebih mudah beradaptasi dari sebelum sebelumnya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak