facebook

5 Cara Ini Bisa Membantumu Mengatasi Mental Block, Kepribadian Perfeksionis Wajib Tahu!

Dea Nabila Putri
5 Cara Ini Bisa Membantumu Mengatasi Mental Block, Kepribadian Perfeksionis Wajib Tahu!
Ilustrasi orang yang merasakan ketenangan. (unsplash.com)

Siapa yang sering merasa terjebak dalam kemalasan atau stuck di suatu hal? Bisa jadi kamu mengalami mental block. Mental block sendiri adalah suatu situasi atau kondisi di mana otak seolah dihalangi untuk berkreativitas, kehilangan motivasi, dan menurunkan produktivitas. Kondisi mental block dapat dianalogikan ketika sebuah mesin mobil mengalami korsleting, situasi ini tentu berpengaruh besar terhadap performa dan kinerja mobil tersebut. Mobil juga mungkin berjalan tapi sangat lambat dari kecepatan biasa. 

Sama seperti mobil yang mengalami kerusakan mesin, jika tidak segera diatasi, mental block akan menjadi penghalang kamu untuk bisa produktif. Hal ini juga bisa membuatmu merasa ketakutan yang berlebihan, selalu menyalahkan diri sendiri, tidak bergairah, malas, suka menunda-nunda pekerjaan, dan lain-lain. Banyak hal yang bisa menyebabkan mental block, antara lain sifat perfeksionis, sering pesimis, faktor lingkungan yang tidak mendukung, serta trauma masa lalu tentang kegagalan dan penolakan.

Lalu, bagaimana cara mengatasi mental block? Simak kelima caranya beriku ini!

1. Meditasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi mental block ialah meditasi. Meditasi adalah salah satu bentuk latihan untuk memfokuskan serta menjernihkan pikiran sehingga kamu bisa merasa lebih tenang, nyaman, dan bisa mulai produktif. Meditasi tidak perlu dilakukan terlalu lama dan implementasinya juga cukup mudah, kamu bisa memulainya dengan mencari tempat yang tenang dan siapkan melodi kesukaanmu untuk membantumu menenangkan pikiran.

2. Afirmasi

Ketika menghadapi suatu yang sulit, cobalah untuk memberi afirmasi positif kepada dirimu sendiri sebagai bentuk semangat untuk menghadapi hal tersebut. Kamu juga harus bisa menumbuhkan rasa optimis dalam diri, agar kondisi mental block yang menghambat produktivitasmu bisa teratasi. Semakin banyak afirmasi yang kamu berikan, maka otakmu akan merespons dengan baik dan secara tidak langsung membangkitkan semangatmu untuk menjalani hidup.

3. Diskusi dengan orang terdekat

Ketika kamu merasa pikiranmu sudah buntu atau mengalami stuck yang berkepanjangan akibat mental block, daripada memilih untuk menyerah, cobalah untuk berdiskusi dengan orang-orang yang kamu percayai sebagai support system. Hal ini akan membantumu menemukan jalan keluar dan pandangan baru dari mereka.

4. Kerjakan hal yang lebih mudah

Biasanya jika otakmu terasa penuh, ide ide yang harusnya bisa kamu salurkan malah terhambat. Kita juga cenderung lebih malas untuk mengerjakannya. Oleh karena itu, kita bisa mencoba untuk mengantisipasi mental block tersebut dengan mengerjakan hal yang lebih mudah duluan dan dilanjutkan dengan hal yang sulit untuk dikerjakan.

5. Gunakan teknik braindumb

Teknik braindumb ini cukup populer untuk menumpahkan semua ide mu ke dalam media. Hal ini diperlukan agar kamu bisa mengurai pemikiran tersebut dan bisa menentukan prioritasmu.

Manusiawi jika kita merasa lelah untuk mengerjakan sesuatu. Namun jangan pernah berhenti untuk mencoba karena sejatinya seorang manusia selalu memiliki kesempatan untuk jatuh dan bangkit lagi.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak