facebook

4 Tips Meraih Keseimbangan antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi, Wajib Diterapkan!

Latifah ..
4 Tips Meraih Keseimbangan antara Pekerjaan dan Kehidupan Pribadi, Wajib Diterapkan!
Ilustrasi wanita karier. (pexels.com/AndreaPiacquadio)

Tak bisa dimungkiri, sebagian besar waktu yang dimiliki manusia dihabiskan untuk bekerja. Tuntutan kebutuhan serta keinginan membuat kamu harus berpenghasilan, dan itu tentu saja dilakukan lewat bekerja. Alhasil, banyak orang yang kesulitan dalam meraih keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi.

Meski menjadi bagian besar dalam kehidupan manusia, bukan berarti pekerjaan menjadi satu-satunya hal penting dalam hidup. Itulah kenapa kamu mesti bisa menyeimbangkan antara pekerjaan dan kehidupan pribadi, atau yang disebut dengan work-life balance.

Berikut 4 tips meraih keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi yang bisa kamu terapkan. Simak sama-sama, yuk!

1. Lakukan singletasking

Masih banyak yang menganggap melakukan pekerjaan multitasking itu akan lebih produktif. Nyatanya, kamu akan menghabiskan lebih banyak energi untuk menyelesaikan tugas dengan multitasking dibanding singletasking.

Mengerjakan tugas berbarengan membuat otakmu harus dipaksa bekerja keras berkonsentrasi terhadap berbagai jenis tugas. Itulah kenapa multitasking malah bisa menurunkan produktivitas.

Mulai sekarang, cobalah selesaikan satu tugas terlebih dahulu, baru ke tugas yang lain. Dengan begitu, perhatian terpusat hanya pada satu jenis pekerjaan, sehingga lebih cepat selesai.

2. Tidur yang cukup

Tidur yang cukup menjadi tips penting untuk meraih keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Hal lain yang penting tapi sering diabaikan, yakni tidur yang cukup. Padahal, tidur ini penting banget untuk proses pemulihan diri, baik fisik maupun psikis.

Ada banyak hal negatif apabila kamu terbiasa kurang tidur. Sulit berkonsentrasi, mudah marah atau tersinggung, bahkan bisa mengganggu pola makan sehingga memicu obesitas.

3. Hindari menunda-nunda pekerjaan

Menunda-nunda, tanpa kamu sadari juga bisa menghambatmu dalam meraih keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Menunda-nunda pekerjaan memang bisa memberimu kesenangan, tapi sifatnya sementara. Justru kebiasaan ini akan membuatmu makin stres.

Pekerjaan yang harusnya memiliki tenggat waktu panjang, jadi dipaksa dilakukan dengan terburu-buru. Selain hasilnya gak maksimal, manajemen waktumu juga jadi kacau.

4. Hindari distraksi

Terakhir, tips meraih keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi, yakni hindari distraksi. Jika memang waktunya bekerja, gunakan sepenuhnya untuk menyelesaikan tugas-tugas. Jangan melakukan hal lain yang hanya jadi distraksi atau mengalihkan konsentrasi.

Misalnya, saat waktu kerja malah digunakan untuk mengecek media sosial. Akibatnya, harusnya kamu sudah pulang dan tugasmu sudah selesai, akhirnya malah lembur, sehingga gak bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup.

Itulah 4 tips meraih keseimbangan antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi yang bisa kamu terapkan. Dengan melakukan tips-tips tadi harapannya kamu bisa mengelola waktu dengan baik, sehingga seimbang antara pekerjaan dengan kehidupan pribadi. Selamat mencoba!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak