facebook

Coba Lakukan 5 Hal Ini saat Mencari Inspirasi

Prasetya Buana
Coba Lakukan 5 Hal Ini saat Mencari Inspirasi
Ilustrasi wanita berpikir. (pexels.com/Monstera)

Bagi kamu yang mempunyai hobi atau pekerjaan, yang melibatkan kreativitas di dalamnya, tentu kamu sangat bergantung pada momen datangnya inspirasi. Sebab, tanpa inspirasi kamu mandek, dan tak mampu menghasilkan karya apa pun.

Sehingga tak jarang kamu mencoba ini dan itu hanya untuk mendapatkan inspirasi baru. Nah, berikut ada beberapa hal yang bisa kamu coba lakukan saat sedang mencari inspirasi.

Berikut ini 5 hal yang bisa dilakukan saat mencari inspirasi.

1. Banyak membaca

Inspirasi bisa datang dari sebaris kalimat yang kamu baca. Oleh karena itu, kenapa tidak mencoba untuk memperbanyak asupan bacaanmu?

Usai membaca sesuatu hal, biasanya akan ada banyak pertanyaan baru yang kemudian timbul di kepalamu. Nah, dari situlah kamu bisa menemukan inspirasi-inspirasi segar.

2. Bermeditasi

Inspirasi yang tak kunjung datang boleh jadi disebabkan oleh pikiran yang terlalu penuh. Nah, salah cara paling manjur untuk menenangkan pikiran adalah dengan melakukan meditasi.

Jika teknik meditasi kamu sudah benar, maka begitu selesai melakukannya, pikiranmu akan terasa jauh lebih ringan sehingga siap untuk dipakai berpikir kembali.

3. Jalan kaki

Cobalah untuk melangkahkan kaki ke beberapa tempat. Siapa tahu kamu akan menemukan sesuatu yang menarik di perjalanan.

Sembari berjalan-jalan, amatilah hal-hal yang ada di sekitarmu, mulai dari benda-benda mati sampai makhluk hidup, karena itu semua bisa menjadi sumber inspirasi buatmu.

4. Mengobrol dengan seseorang

Siapa sangka, ternyata inspirasi juga dapat kamu temukan pada diri setiap orang yang berada di sekitarmu. Bisa keluarga, teman, atau bahkan orang asing yang baru kamu temui di jalan.

Saat berbicara dengan mereka, tak jarang ada satu atau dua kalimat yang membekas dalam ingatanmu. Kamu merasa bahwa apa yang mereka katakan itu benar-benar hal yang baru, dan kamu pun merasa terinspirasi karenanya.

5. Menulis bebas

Menulis tentang hal apa pun secara spontan dapat memancing munculnya inspirasi. Bahkan, tidak menutup kemungkinan, apa yang sudah kamu tulis tersebut bisa menjadi inspirasi yang luar biasa. Oleh karena itu, siapkanlah pulpen dan catatan kecil, lalu mulailah menulis bebas. 

Saat inspirasi yang kamu damba-dambakan tak juga hadir, biasanya apa yang kamu perbuat? Daripada bingung, yuk, coba lakukan lima hal di atas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak