facebook

5 Cara Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiri

Prasetya Buana
5 Cara Menjadi Versi Terbaik dari Diri Sendiri
Ilustrasi pria bahagia. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Menjadi versi terbaik diri sendiri, tanpa mengikuti standar orang lain, adalah hal yang dibutuhkan oleh semua orang, tak terkecuali kamu. Kamu tidak perlu menjadikan kriteria orang lain sebagai alat untuk mengukur seberapa pantasnya dirimu.

Lebih baik berfokuslah pada potensi yang ada di dalam dirimu. Karena hanya dengan memaksimalkan potensi yang dimiliki, kamu dapat bertranformasi menjadi versi terbaik dari dirimu sendiri. Nah, berikut ada beberapa cara yang bisa kamu coba lakukan.

1. Miliki tujuan yang ingin kamu capai

Standar kesuksesan yang ditetapkan oleh masyarakat tidak wajib untuk kamu ikuti. Lagi pula, hal tersebut bisa saja tidak sejalan dengan nilai-nilai yang kamu yakini dalam hidup.

Oleh karena itu, lebih baik kamu tetap fokus pada tujuan yang ingin diwujudkan melalui cara kamu sendiri. Jangan terlalu memusingkan komentar miring dari orang lain.

2. Melakukan kegiatan yang bermanfaat dan menyenangkan

Terus-terusan mengikuti hal yang sedang tren hanya akan membuatmu lelah, karena tren memang tidak akan ada habisnya. Apalagi, jika tren tersebut tidak jelas apa manfaatnya, jadi untuk apa diikuti?

Alih-alih begitu, kenapa tidak memanfaatkan waktu yang kamu miliki untuk kegiatan lain yang jauh lebih positif dan menyenangkan. Seperti dengan mengembangkan hobi atau belajar keahlian baru.

3. Berhenti membandingkan diri dengan orang lain

Melihat pencapaian orang lain, tak jarang membuat kamu menjadi insecure. Kamu merasa kalau kamu tak sebanding dengannya.

Padahal, kamu tidaklah seburuk yang kamu kira. Kamu juga memiliki kelebihan, hanya saja sering tidak kamu sadari, karena selama ini kamu terlalu fokus pada kehebatan orang lain. Oleh sebab itu, segera alihkan perhatianmu pada potensi yang kamu miliki.

4. Berdamai dengan kekuranganmu

Untuk bisa menjadi versi terbaik dari dirimu, kamu harus mampu menerima dirimu seutuhnya. Kamu harus mulai menyadari bahwa dirimu tidaklah sempurna. Ada beberapa hal yang memang tak dapat kamu ubah, tak peduli sekeras apa pun kamu berusaha.

Daripada terus-terusan menyiksa diri, sudah saatnya untuk kamu merangkul segala kekuranganmu, dan berkomitmen untuk memperbaikinya.

5. Bertanggung jawab atas tindakanmu

Kamu mesti punya pendirian yang kuat, jangan mudah terbawa arus yang buruk. Dalam mengambil setiap keputusan harus dipikirkan matang-matang, dan pastikan bukan karena desakan orang lain.

Ingat, kamu harus bertanggung jawab pada setiap tindakan yang sudah kamu perbuat. Jadi, jangan gegabah dalam memutuskan sesuatu.

Perjalanan untuk mencapai versi terbaik dari diri sendiri bukanlah hal mudah. Akan selalu ada rintangan dan cobaan yang menghadang. Namun, itu semua sepadan dengan hasil yang dapat kamu peroleh nantinya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak