facebook

5 Hal yang Sebaiknya Kamu Tunda Demi Kebaikan Diri Sendiri

Prasetya Buana
5 Hal yang Sebaiknya Kamu Tunda Demi Kebaikan Diri Sendiri
Ilustrasi perempuan berpikir. (pexels.com/Zen Chung)

Dalam hidup, setiap orang pasti punya rencana untuk ke depannya. Ada yang mesti dicapai dalam waktu dekat, ada pula yang masih jauh tenggatnya.

Namun, terkadang, karena beberapa alasan tertentu, seseorang mau tidak mau harus menunda terlebih dahulu rencana yang ingin dijalankan. Sebab, kalau dipaksakan malah bisa berakibat buruk.

Lalu, hal-hal apa saja yang sebaiknya kamu tunda dulu demi kebaikan diri sendiri? Nah, berikut ini pembahasan lebih lanjut mengenai itu.

1. Menikah saat keuanganmu tidak sehat

Sebelum memutuskan untuk menikah, apalagi dalam waktu dekat, kamu perlu memastikan bahwa keadaan finansialmu sudah cukup stabil. Jika masih jauh dari kata itu, ada baiknya kamu memikirkan ulang rencanamu untuk menikah.

Kondisi keuangan yang sehat itu penting, karena setelah menikah nanti, tentunya jumlah tanggunganmu akan bertambah. Lagi pula, finansial yang stabil juga dapat membantu kamu dan pasangan agar tidak terlilit oleh masalah keuangan kelak saat menjalani bahtera rumah tangga.

2. Membeli sesuatu hanya karena menginginkannya

Membeli sesuatu atas dasar keinginan itu boleh-boleh saja, karena bagaimanapun kita ini manusia biasa yang selalu menginginkan banyak hal. Namun, ingat, tidak semua keinginanmu wajib kamu penuhi.

Malah ada baiknya kamu mempertimbangkan kembali niatanmu, apakah sesuatu yang kamu inginkan tersebut benar-benar kamu butuhkan? Jangan sampai apa yang sudah terlanjur dibeli malah tidak berguna sama sekali.

Oleh karena itu, alih-alih senantiasa menuruti keinginan, akan lebih bijaksana lagi jika kamu lebih mengedepankan kebutuhan.

3. Belanja barang mewah saat tak punya dana darurat

Untuk bisa membeli barang mewah, kamu memerlukan uang yang tidak sedikit jumlahnya. Belum lagi, ada biaya tambahan lainnya yang mesti kamu keluarkan, karena biasanya barang mewah perlu dilindungi oleh asuransi.

Kalau kamu memang memiliki uang yang berlebih, rencana untuk membeli barang mewah bukanlah masalah besar. Namun, apabila kamu berniat membelanjakan uangmu dalam nominal yang besar, sedangkan kamu sendiri belum menyiapkan dana darurat, tentu keputusan ini akan sangat berisiko.

Dana darurat adalah hal yang jauh lebih krusial ketimbang keinginanmu untuk mempunyai barang mewah. Maka dari itu, segera penuhi kebutuhan dana daruratmu, dan tunda dulu rencanamu kali ini.

4. Mencelupkan diri pada sesuatu hal yang tidak kamu ketahui risikonya

Sebelum mengerjakan sesuatu, sebaiknya kamu kenali dulu risiko apa yang mungkin bisa timbul dari tindakanmu itu. Ini penting agar nantinya kamu tidak menyesal, dan tahu bagaimana cara untuk meminimalisir risiko tersebut.

Karena begitu kamu berbuat sesuatu, itu artinya kamu telah siap menanggung seluruh konsekuensi dari perbuatanmu. Jika belum bersedia, maka jangan terburu-buru melakukan suatu hal yang tidak kamu ketahui risikonya.

5. Melakukan sesuatu karena tak mau ketinggalan

Di zaman sekarang, tren cepat sekali berubahnya. Alhasil, orang-orang pun semakin tidak mau ketinggalan. Tak dapat dimungkiri, kamu juga sering penasaran dengan apa yang sedang digandrungi oleh orang lain. Padahal, tidak ada keharusan bagi kamu untuk terus sejalan dengan tren yang ada.

Apabila itu tidak datang dari kemauanmu sendiri, maka untuk apa diikuti? Pada akhirnya hanya akan membuatmu terbebani dan merasa lelah.

Memiliki perencanaan itu baik, tapi kamu juga tetap harus bersikap realistis. Tidak semua rencanamu layak untuk kamu wujudkan. Beberapa malah lebih baik ditunda dulu, seperti lima hal di atas.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak