facebook

5 Cara Memaafkan Orang Lain agar Hidupmu Bisa Kembali Tenang

Qayla Ramadhania
5 Cara Memaafkan Orang Lain agar Hidupmu Bisa Kembali Tenang
Ilustrasi Marah (pexels)

Ketika seseorang menyakitimu, mudah saja bagimu untuk membencinya dan sungguh sulit untuk memaafkannya. Sekadar kata maaf saja tak cukup untuk mengobati hati. Kamu menyimpan kebencian di dalam diri, dan tiba-tiba membuat dia sedih menjadi salah satu alasan akan kebahagiaanmu. Sebelum terlambat, kamu harus sadar bahwa hal negatif seperti itu harus segera disingkirkan agar tidak memengaruhi keseharianmu.

Tentunya sulit sekali melupakan kebencianmu pada seseorang. Oleh karena itulah kamu harus membaca 5 cara di bawah ini untuk menanganinya. Berikut 5 cara memaafkan orang lain dan menghilangkan kebencian.

1. Mencari Alasan Dibalik Kemarahan 

Sebelum kamu berusaha untuk melepas kebencian di dalam diri, cari tahu dulu apa penyebab rasa benci itu hadir sehingga akan lebih mudah bagimu untuk menanganinya. Perhatikan apakah kebencian itu disebabkan oleh alasan tunggal atau ada sesuatu lagi di baliknya.

2. Melepas Dendam

Menyimpan dendam jauh lebih merugikan daripada menguntungkan. Mungkin kamu puas begitu melihat dirimu berhasil membuat mereka kesal. Namun, sebenarnya kamu sedang menyimpan energi negatif yang tak ada gunanya. Dibandingkan menghabiskan waktu dengan balas dendam, lebih baik kamu mengalihkannya dengan fokus pada energi positif.

3. Menumpahkan Kemarahan Dengan Cara Yang Berbeda

Saat sedang marah, usahakan untuk menumpahkan perasaanmu pada aktivitas yang bermanfaat atau hal-hal yang menenangkan diri. Mungkin dengan menuliskan perasaanmu, yoga, meditasi, dan sebagai macamnya. 

4. Berpikir Untuk Meningkatkan Kualitas Diri 

Melawan gejolak amarah sangatlah sulit. Namun, setiap kali kamu sedang marah dan kamu berhasil mengontrol dirimu untuk tidak membalas atau memperpanjang kebencian, kamu harus mengapresiasi dirimu sendiri karena telah maju satu langkah untuk menjadi orang yang baik.

5. Memposisikan Dirimu Sebagai Seorang Pelaku

Terkadang kamu membenci seseorang karena tidak memahami situasinya. Bayangkan dirimu ada di posisi orang yang kamu benci. Perhatikan, apa yang kamu lakukan dan tidak lakukan jika kamu ada di posisinya, mungkin kamu akan melakukan hal yang sama.

Itulah 5 cara memaafkan orang lain dan menangani kebencian. Jangan membuang-buang waktu, segera praktikkan agar tak ada lagi energi negatif yang tersisa pada dirimu. Semoga membantu! 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak