facebook

5 Hal yang Patut Dipertimbangkan sebelum Membeli Baju Lebaran

Prasetya Buana
5 Hal yang Patut Dipertimbangkan sebelum Membeli Baju Lebaran
Ilustrasi membeli baju. [Freepik]

Di pertengahan bulan Ramadan ini, biasanya orang-orang mulai sibuk membeli berbagai keperluan untuk menyambut Hari Raya Idul Fitri. Salah satu yang tidak pernah luput dari daftar belanjaan adalah baju lebaran.

Kebanyakan orang menganggapnya sebagai kewajiban yang mesti ada. Bahkan, terkadang rela merogoh kocek yang cukup dalam hanya demi mendapatkan satu setel pakaian.

Padahal, segala keputusan yang berkaitan dengan membeli barang baru itu perlu dipikirkan secara matang. Berikut ialah hal-hal yang patut dipertimbangkan sebelum membeli baju lebaran.

1. Sesuaikan dengan bujet

Bujet untuk membeli baju lebaran ada baiknya telah disiapkan sejak jauh-jauh hari, kalau bisa sebelum menginjak bulan Ramadan. Ini bertujuan supaya nantinya kamu tidak terbebani, mengingat kebutuhan di bulan Ramadan juga cenderung akan meningkat dari biasanya.

Dana untuk membeli baju lebaran bisa kamu kumpulkan sedikit demi sedikit dengan cara menabung. Saat waktu belanja tiba, pastikan harga baju lebaran incaranmu tidak melebihi bujet yang kamu punya.

2. Utamakan dulu kebutuhan yang paling mendasar

Tanpa baju lebaran sekalipun, kamu tetap bisa merayakan Idul Fitri dengan penuh sukacita. Hal ini membuktikan kalau baju lebaran memang bukanlah suatu kebutuhan yang mendesak, yang harus selalu terpenuhi.

Berbeda halnya dengan kebutuhan dasar lainnya yang jelas jauh lebih krusial ketimbang belanja baju baru. Oleh sebab itu, ada kalanya kamu harus mampu mengesampingkan terlebih dulu keinginanmu yang satu ini, dan fokus pada apa yang benar-benar kamu perlukan.

3. Manfaatkan promo diskon

Ketika hendak membeli pakaian lebaran, pertimbangkanlah untuk mencari pusat perbelanjaan, marketplace, atau brand yang sedang mengadakan promo diskon. Tentunya cara ini bertujuan untuk menghemat pengeluaran.

Alhasil, kamu bisa memiliki baju lebaran yang bagus dengan harga yang miring. Walaupun terkesan pelit, yang penting kamu tetap bisa tampil bergaya di Hari Raya, tanpa dipusingkan oleh biaya yang telah kamu keluarkan.

4. Teliti sebelum membeli

Sama seperti membeli barang baru pada umumnya, kamu wajib teliti saat memilih baju lebaran yang hendak kamu beli. Jangan sampai apa yang terlanjur dibeli malah berkualitas jelek.

Jangan ragu untuk bertanya pada pramuniaga atau admin marketplace terkait baju tersebut. Ini agar kamu punya gambaran tentang seberapa bagus dan awet nantinya baju itu.

Usahakan jangan membeli pakaian dengan ukuran yang terlalu pas, kalau bisa sedikit lebih besar, supaya kamu masih bisa mengenakannya di berbagai momen lain sampai beberapa waktu ke depan.

5. Melakukan mix and match

Memakai baju baru di perayaan Idul Fitri bukanlah suatu keharusan. Apabila tidak memungkinkan untuk membeli baju baru, maka tidak masalah.

Toh, kamu masih bisa menyiasatinya dengan cara memadupadankan pakaian lama dengan beberapa aksesoris yang kamu miliki. Ada banyak referensi mix and match outfit lebaran yang bisa kamu contek dari internet.

Dengan begini kamu akan tetap terlihat stylish dan rapi di Hari Raya. 

Nah, itulah sederet hal yang perlu kamu perhatikan sebelum memutuskan membeli baju lebaran. Lagi pula, dengan atau tanpa baju lebaran, momen sukacita Hari Raya Idul Fitri tetap bisa kamu rasakan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak