facebook

5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Takut Memiliki Mimpi Besar

Prasetya Buana
5 Alasan Kenapa Kamu Tidak Perlu Takut Memiliki Mimpi Besar
Ilustrasi bersemangat. (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Setiap orang pasti memiliki keinginan untuk bisa mencapai tujuan hidupnya. Bermimpi merupakan langkah kecil paling berani untuk mulai merealisasikan hal tersebut.

Namun terkadang, kita merasa pesimis saat bermimpi terlalu tinggi. Mengganggap diri kita tak cukup kompeten, dan takut kecewa bila gagal nantinya.

Padahal, setiap orang punya potensinya tersendiri, juga kesempatan yang sama untuk menggapai apa yang diimpikan. Lebih-lebih, ada beberapa alasan kenapa kamu tidak perlu ragu ketika memiliki mimpi besar. Yuk, lanjut baca!

1. Kamu dapat mengenal diri sendiri secara lebih mendalam

Membatasi diri dengan mimpi yang biasa-biasa saja cenderung tidak membawa perubahan yang signifikan pada dirimu. Kamu tidak tahu persis sampai sejauh mana kemampuanmu ini dapat berkembang.

Ditambah tidak ada persoalan sulit yang bisa mempertemukanmu dengan dirimu yang sejati. Alhasil, kamu jadi bingung terhadap jati dirimu yang sebenarnya.

Berbeda ceritanya jika kamu berani menggantung tinggi-tinggi mimpimu di langit. Dalam perjalanan meraihnya, kamu akan menghadapi berbagai rintangan yang pada akhirnya menyadarkanmu soal siapa dirimu. 

2. Kamu bisa keluar dari zona nyaman yang selama ini menghambatmu

Selama masih berada dalam zona nyaman, kamu tak akan menemukan tantangan hidup yang begitu berarti. Sehingga kamu merasa betah dan enggan untuk meninggalkannya.

Namun, perlu diingat bahwa zona nyaman yang sepintas terasa aman ini justru mengundang bahaya. Berdiam diri di posisi ini hanya akan menghambat perkembangan dirimu.

Salah satu cara untuk keluar dari zona nyaman adalah dengan mulai merencanakan tujuan hidup. Mencari tahu pencapaian seperti apa yang betul-betul kamu inginkan. Lalu, memberanikan diri untuk menjadi seorang pemimpi besar.

3. Kamu tidak akan menyesali apa pun

Risiko terburuk dari mengejar mimpi adalah gagal. Tapi seharusnya hal itu tidak lantas membuat kamu menyesal.

Sebab, seluruh jerih payahmu yang membawa kemajuan ini sudah termasuk hal yang patut untuk dibanggakan. Kamu harus tetap bersyukur sambil terus mengapresiasi dirimu sendiri, karena telah berhasil keluar dari zona nyamanmu selama ini.

4. Kamu bisa menginspirasi orang lain di sekitarmu

Keberanian untuk bermimpi besar bisa berdampak luas, tidak hanya bagi diri sendiri. Kegigihan dan semangat tinggi yang kamu miliki dapat menular ke siapa saja di sekitarmu. Sehingga banyak orang yang akhirnya tergerak dan ikut serta melakukan perubahan.

Maka tak heran apabila seorang pemimpi besar kerap menjadi panutan bagi yang lain.

5. Kamu akan menjadi sosok yang mampu berdamai dengan kekuranganmu sendiri

Dengan memiliki mimpi besar itu artinya kamu juga harus sudah siap menghadapi berbagai situasi tak terduga di depan sana. Ketika prosesnya nanti, kamu juga akan mulai belajar menerima batasan dan kekurangan dirimu.

Kamu sadar bahwa tak semua hal dapat kamu lakukan seorang diri. Adakalanya juga segala hal tidak berjalan sesuai dengan yang diharapkan.

Semua pengalaman itu akan menempa dirimu menjadi pribadi yang jauh lebih ramah terhadap diri sendiri, dan tidak lagi menyalahkan diri sendiri atas apa pun yang terjadi.

Nah, itu tadi sederet alasan mengapa kamu tidak perlu takut untuk bermimpi besar. Tak peduli seberapa besar mimpi yang kamu punya, itu sangat mungkin untuk diwujudkan. Yang perlu kamu lakukan sekarang adalah membuat perencanaan, lalu mulai melakukan tindakan. Selamat mengejar impian.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak