facebook

Bermasalah dengan Teman Kerja? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya

Diat Anugrah
Bermasalah dengan Teman Kerja? Lakukan 5 Hal Ini untuk Mengatasinya
ilustrasi tempat kerja (pexels.com)

Dalam berinteraksi dengan orang lain, tidak selamanya kita akan baik-baik saja. Barangkali akan ada singgungan atau masalah yang terjadi antara kita dan orang lain. Tidak terkecuali ketika berada di tempat kerja. Kita mungkin akan sesekali memiliki masalah dengan teman kerja kita.

Masalah dengan teman kerja bisa terjadi karena berbagai penyebab. Misalnya perbedaan pendapat, ucapan yang menyinggung, maupun tindakan yang tidak disengaja. Apapun penyebabnya, kita harus segera mengatasi masalah tersebut. Apabila tidak teratasi, masalah tersebut bisa mengganggu profesionalisme kita ketika bekerja.

Berikut ini adalah 5  cara yang bisa dilakukan untuk menyelesaikan masalah dengan teman kerja.

1. Berdamai dan Saling Memaafkan

Jangan membuat masalah terus berlarut-larut. Hendaknya kita segera berdamai dan saling memaafkan. Hal tersebut akan jauh lebih baik daripada saling bermusuhan karena suatu masalah. Bagaimanapun juga, kita akan sering berinteraksi karena urusan pekerjaan. Tentu tidak nyaman bekerja dengan orang yang bermusuhan dengan kita.

Jangan malu untuk meminta maaf terlebih dahulu. Hal tersebut akan membuatmu terlihat lebih bijaksana. Segera lupakan masalah dan lanjut bekerja dengan baik.

2. Berpikiran Terbuka dan Mau Mendengarkan

Apabila terjadi masalah karena perbedaan pendapat antara kita dan teman kita. Maka kita harus mau berpikiran terbuka. Kita tidak boleh menganggap hanya pendapat kita yang benar dan pendapat orang lain salah. Pemikiran seperti itu bisa membuat kita tidak objektif dalam menilai pendapat teman kita.

Kita harus mau mendengarkan pendapat dan penjelasan dari teman kita. Jangan terbawa emosi dan selalu memotong ucapan orang lain, hal tersebut bisa membuat kita tidak mampu memahami pendapat orang lain yang bisa jadi sebenarnya kita setujui keberadaannya.

3. Sampaikan Pendapat dengan Jelas tanpa Menghakimi

Sekain mendengar pendapat orang lain, kita juga bisa menyampaikan pendapat dan penjelasan kita pada teman kita. Namun kita harus menyampaikannya dengan baik tanpa terbawa emosi. Sampaikan dengan jelas apa yang kita pikirkan. Dengan mendengarkan penjelasan kita, barangkali teman kita akan setuju.dengan pendapat kita dan masalah teratasi dengan baik.

4. Jangan Ceritakan Masalah pada Orang Lain

Apabila kita sedang menghadapi masalah dengan seseorang di tempat kerja, jangan ceritakan masalah tersebut kepada teman kerja yang lain. Apabila teman tersebut tidak bisa menjaga rahasia, masalah kita bisa menjadi gosip yang beredar di tempat kerja. Desas-desus tersebut bisa membuat kita tidak profesional. Tentu kita tidak mau hal itu terjadi.

5. Libatkan Orang Ketiga Bila Diperlukan

Kita memang hendaknya tidak menceritakan pada orang lain, namun apabila masalah tidak bisa segera diatasi oleh kedua belah pihak, maka kita bisa meminta bantuan orang ketiga. Bedanya, kita menyampaikan masalah tersebut langsung bersama orang yang bermasalah dengan kita sehingga tidak terjadi salah paham dan desas-desus yang tidak jelas. Libatkan orang yang sekiranya netral sehingga keputusan yang diambil menjadi adil dan dapat diterima oleh kedua belah pihak, misalnya atasan kita dan teman tersebut.

Demikian 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah dengan teman kerja. Semoga kita tidak mendapat masalah yang serius selama bekerja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak