facebook

7 Skill Harus Dimiliki jika Ingin Menjadi Pribadi yang Lebih Baik

Budi Prathama
7 Skill Harus Dimiliki jika Ingin Menjadi Pribadi yang Lebih Baik
Ilustrasi wanita memiliki skill menjadi pribadi yang lebih baik. (Pixabay.com)

Skill atau kemampuan seseorang mungkin berbeda-beda pada tiap manusia, skill bisa dikatakan sebagai kelebihan yang tentu butuh perjuangan keras dan kesabaran untuk mendapatkannya. Ia tidak hadir yang jatuh dari langit tanpa ada usaha pada tiap individu manusia.

Kemampuan seseorang untuk beradaptasi dengan lingkungan dan selalu memberikan banyak manfaat mestinya bisa terus dilatih, apalagi perkembangan teknologi informasi yang semakin canggih tentu harus dituntut pula skill seseorang dalam mengiringinya.

Tidak mesti pula skill orang yang satu dengan yang lain harus sama, tetapi bagaimana agar seseorang tersebut juga memiliki kemampuan supaya tidak tergilas dengan zaman dan supaya bisa menjadi pemain setiap perkembangan yang terjadi.

Dengan skill yang dimiliki seseorang tentu dapat mendorong bisa lebih baik, dapat memberikan efek hidup menjadi produktif, dan lain sebagainya. Untuk itu berikut 7 skill yang harus dimiliki seseorang agar bisa menjadi lebih baik, yaitu:

1. Selalu tepat waktu

Berusaha menghargai waktu dengan tepat waktu harus selalu diupayakan oleh manusia. Tepat waktu adalah suatu kepercayaan yang bisa didapatkan dan tepat waktu apa yang akan dikerjakan. Tepat waktu mesti harus diterapkan dalam segala aktivitas kita, baik soal pekerjaan maupun kesempatan mengambil setiap kesempatan yang ada. Orang tidak tepat waktu akan selalu menunda-nunda pekerjaan atau tugas, akhirnya tugas tersebut dapat menumpuk dan tentu bisa membuat malas.

2. Menjadi pendengar yang baik

Pembicara yang baik adalah mereka yang juga sebagai pendengar yang baik. Kemampuan menjadi pendengar yang baik tentu dapat membuat kita bisa memahami sesuatu apa yang kita butuhkan. Melalui proses mendengar yang baik dapat membuat kita bisa memahami sesuatu secara menyeluruh, tidak cepat menyimpulkan, dan bisa pula menjadi pembicara yang baik karena mampu memahami seseorang dan materi yang akan disampaikan.

3. Jujur

Sifat jujur jelas perbuatan yang tidak ada orang membencinya, karena sifat jujur tentu selalu mengantarkan kepada kebaikan. Kepercayaan dapat diukur dari sifat kejujuran seseorang, karena jujur adalah modal dasar dari sebuah kesuksesan yang jangka panjang.

4. Skill networking

Skill networking adalah kemampuan seseorang untuk membangun, mengembangkan, dan mempertahankan hubungan dengan orang-orang yang memiliki minat yang sama. Kemampuan skill networking sangat penting dimiliki setiap orang karena dapat selalu memotivasi dan memberikan efek yang baik untuk pengembangan diri maupun tujuan bersama yang ingin dicapai. Kalau dalam dunia kerja skill networking dibutuhkan agar dapat menumbuhkan hubungan profesional kerja.

5. Bisa konsisten

Dengan menerapkan perilaku konsisten tentu dapat membuat hidup lebih teratur dan tidak ada waktu yang terbuang sia-sia. Sifat konsisten pula dapat mengembangkan skill dengan baik dan bisa lebih mudah menyelesaikan tugas dan cepat menggapai impian.

6. Bisa mengatur waktu

Membuang-buang waktu sama saja membuang kesempatan atau peluang untuk meraih kesuksesan dalam hidup. Jadi kita mesti mampu mengatur dengan teliti dengan membuat to di list dan target baik. Di samping itu, kita mesti mampu memilah mana waktu untuk belajar, bekerja, dan istirahat, karena tentu tubuh atau otak juga butuh istirahat.

7. Jago komunikasi

Meskipun di zaman sekarang ini hidup di era digitalisasi, tetapi kemampuan komunikasi tidak boleh disepelekan, justru komunikasi mesti menjadi penopang untuk mendorong skill yang lain. Selain itu dengan jago komunikasi dan bernegosiasi, maka urusan pun akan lebih lancar dan lebih mudah.

Itulah 7 skill yang harus dimiliki seseorang di era sekarang ini dan tentu bisa membuat menjadi pribadi yang lebih baik. Tetapi dari beberapa tips tersebut tidak bakalan berarti kalau hanya dibaca tanpa dipraktekkan secara nyata, yok silahkan dicoba. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak