facebook

5 Hal yang Membedakan Sekolah dengan Kuliah, Sudah Siap?

Desyta Rina Marta Guritno
5 Hal yang Membedakan Sekolah dengan Kuliah, Sudah Siap?
Ilustrasi mahasiswa (Pixabay.com/coyot)

Bagi calon mahasiswa baru, mungkin kehidupan kampus akan sedikit membuat kalian merasa kaget. Pasalnya, meskipun sama-sama belajar tapi sistem yang berlaku antara sekolah dan kuliah tidak sama. Oleh karena itu, penting diadakan OSPEK bagi mahasiswa baru agar mereka tidak merasa kebingungan saat perkuliahan dimulai.

Selain sistem, ada beberapa hal yang berbeda antara sekolah dan kuliah. Beriku ini adalah ulasannya.

1. Mandiri

Dalam dunia perkuliahan kamu benar-benar dituntut untuk mandiri, memang bisa minta tolong pada teman, tapi ada saatnya kalau kamu sendiri tidak bergerak maka bisa jadi kamu tidak lulus.

Dari kehidupan sehari-hari pun juga demikian, kemungkinan besar saat sudah kuliah kamu akan merantau jauh dari rumah, disini kemampuanmu untuk survive akan benar-benar diuji secara nyata.

2. Relasi Luas

Kalau di sekolah mungkin relasinya terlihat terbatas pada satu angkatan atau satu kelas, tapi di kampus batas tersebut seolah tidak ada karena bisa jadi kamu kuliah dengan kakak tingkatmu atau dengan kelas yang lain. Jadi, jangan kaget ya kalau satu kelas diisi banyak mahasiswa yang berbeda kelas denganmu.

3. Kesenjangan Lebih Terlihat

Di sekolah kita diwajibkan memakai seragam yang salah stau tujuannya adalah agar kesenjangan antar siswa tidak terlihat. Tapi, di bangku kuliah ini mentalmu agak sedikit diuji, kesenjangan antara mahasiswa yang banyak uang dan biasa saja akan lebih terlihat. Mereka yang kaya pasti pakaiannya mahal dan stylish, sementara yang biasa saja juga akan terlihat sederhana.

4. Mahasiswa yang Mencari Dosen

Jangan harap dosen akan mencari kamu saat kamu tidak ada di kelas atau saat tugasmu belum terkumpul. Pasalnya, mahasiswalah yang harus lebih proaktif, dosen tidak selamanya menegur, tau-tau nilaimu kosong atau kamu tidak bisa ikut ujian karena absenmu kurang. Jadi, kamu harus lebih teliti dan berhati-hati, ya.

5. Tugas Lebih Kompleks

Memang sekilas kita lihat bahwa kuliah jauh lebih simpel daripada sekolah, waktu ke kampus lebih sedikit dan fokus pembelajaran hanya satu. Tapi, nyatanya tidak semudah itu, pastinya kalau sudah beda level juga beda pula tingkat kesulitannya.

Tugas di perkuliahan bisa dibilang lebih kompleks dan agak ribet. Penelitian, praktikum, pengabdian masyarakat, dan masih banyak lagi.

Itulah perbedaan kuliah dengan sekolah yang perlu diketahui calon mahasiswa baru, sudah siap?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak