facebook

4 Hal dari Karyawan yang Dinilai Atasan, Perhatikan Cara Berpakaian!

Latifah ..
4 Hal dari Karyawan yang Dinilai Atasan, Perhatikan Cara Berpakaian!
Ilustrasi suasana kerja (pexels.com/fauxels)

Sebagai seorang karyawan tentu saja tingkah lakumu akan diperhatikan dan dinilai oleh atasan. Hal ini untuk menentukan apakah kamu memang karyawan yang baik dan patut untuk terus dipertahankan perusahaan, atau termasuk karyawan bermasalah dan sebaiknya diganti saja.

Ada beberapa hal dari karyawan yang sering dinilai oleh atasan. Apa saja hal yang dimaksud? Untuk tahu lebih lanjut, simak terus pembahasan berikut ini, ya.

1. Perilaku di media sosial

Dengan maraknya penggunaan media sosial, gak heran perusahaan pun jadi memperhatikan bagaimana perilaku karyawannya ketika sedang berada di dunia maya. Bukan apa-apa, tingkah yang kamu tunjukkan di dunia maya bisa turut memengaruhi kredibilitas perusahaan juga, lho. Apalagi jika posisimu sudah termasuk tinggi.

Sering berkomentar buruk atau rasis dapat membuat orang memandang miring terhadap kredibilitas perusahaan. Nanti dianggap sumber daya perusahaan gak bagus karena sudah meng-hire karyawan yang gak punya attitude. Maka dari itu, berhati-hati dalam berperilaku di media sosial, ya.

2. Cara berpakaian

Bagaimana caramu berpakaian juga kerap dinilai oleh atasan. Oleh karena itu, sebaiknya sesuaikan cara berpakaianmu terhadap ketentuan ataupun kultur perusahaan.

Kalau perusahaan menghendaki pakaian yang formal, maka ikuti. Berpakaian dengan menabrak ketentuan perusahaan bisa memberikan pesan kalau kamu gak menghormati apa yang diberlakukan oleh perusahaan.

3. Cara menyikapi masalah

Bagaimana kamu meng-handle permasalahan di kantor juga tak luput dari perhatian atasan. Bila tiap kali terjadi persoalan selalu mengeluh dan mudah sekali panik, maka atasan bisa menilai kalau kamu gak tepat dijadikan leader. Caramu menyikapi masalah belum bijak.

Sebaliknya, bila tiap kali ada persoalan selalu bisa dihadapi dengan kepala dingin, maka atasan akan menilaimu layak untuk mendapat promosi jabatan. Karena orang yang mampu tetap berpikir jernih kemungkinan besar akan mengambil keputusan yang tepat saat dibutuhkan.

4. Cara bertutur kata

Caramu berkomunikasi juga akan diperhatikan oleh atasan. Orang yang bertutur kata sopan biasanya mencerminkan kualitas kepribadian yang mampu menghargai orang lain. Sebaliknya, terbiasa bertutur kata kasar bisa mencerminkan jiwa arogan.

Nah, semoga dengan uraian tadi bisa membuatmu lebih bersikap hati-hati agar perilakumu tidak sampai membuatmu kehilangan pekerjaan atau kariermu jadi terhambat. Jaga sikap, ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak