5 Alasan Seseorang Mengundurkan Diri dari Pekerjaan

Rafi Alvirtyantoro
5 Alasan Seseorang Mengundurkan Diri dari Pekerjaan
Ilustrasi seorang pekerja yang stres. (Pexels/energepic.com)

Keluar dari pekerjaan bukan sebuah keputusan yang mudah. Butuh pertimbangan yang cukup matang karena beberapa alasan tertentu. Terkadang alasan ini disembunyikan karena merasa tidak nyaman jika dikatakan kepada atasan atau rekan kerja.

Berikut adalah lima alasan seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya.

1. Tidak Bisa Tumbuh Lagi di Perusahaan

Setiap orang yang bekerja dalam sebuah perusahaan tentunya ingin memiliki perkembangan, baik dari pengalaman, skill, hingga posisi. Mungkin kamu juga ingin merasakan hal tersebut. Kebanyakan orang tidak ingin selalu merada di tempat yang sama selamanya.

Tumbuh di sebuah perusahaan bersama karyawan lain adalah hal yang luar biasa. Ada perasaan bahagia tersendiri jika itu terwujud. Sayangnya, ada saja yang merasa bahwa tidak bisa tumbuh lagi dengan baik di perusahaan tempatnya bekerja hingga mengundurkan diri.

2. Merasa Kurang Gaji

Tidak sedikit para pekerja yang merasakan hal ini. Pekerjaan dan tuntutan yang diberikan oleh perusahaan terkadang tidak sesuai sehingga banyak yang merasa gaji yang dimilikinya kurang. Tentunya ini juga menjadi masalah bagi perusahaan.

Jikalau banyak yang merasa seperti ini, bagaimana dengan nasib para pekerja. Satu per satu pekerja akan meninggalkan perusahaan tersebut.

Kemudian, perusahaan bisa saja mendapatkan dampak buruk akibat citranya yang buruk dan kekurangan sumber daya manusia. Oleh karena itu, diharapkan setiap perusahaan bisa membuat sebuah evaluasi dari setiap orang yang bekerja di sana.

3. Tidak Tertantang Lagi

Tantangan bisa menjadi sebuah motivasi bagi setiap pekerja. Ini bisa menjadi acuan para pekerja untuk berkembang dan tumbuh di sana. Namun, jika tidak ada tantangan yang bisa membuatnya tertantang, ini akan membuatnya tidak bersemangat lagi bekerja sehingga mengundurkan diri dan meninggalkan perusahaan.

Memiliki tantangan baru bisa membuat para pekerja ingin terus belajar dan merasa bahwa dirinya berguna bagi perusahaan. Hal ini juga bisa menjadi daya tarik perusahaan bagi setiap pekerja atau para pelamar yang akan bekerja nantinya.

4. Merasa Diremehkan

Setiap orang tentunya ingin pengakuan atas apa yang telah dilakukannya. Para pekerja juga ingin dalam setiap pekerjaannya bisa diakui dan mendapatkan apresiasi, sehingga tidak merasa diremehkan.

Mungkin perusahaan bisa membuat seperti pekerja terbaik setiap bulannya, sehingga membuatnya merasa dihargai keberadaannya. Hal ini juga bisa membuatnya semakin semangat untuk membantu perusahaan untuk berkembang. 

5. Budaya Perusahaan Tidak Sesuai

Mungkin ini menjadi alasan tersulit untuk diperbaiki. Tidak semua budaya perusahaan cocok dengan para pekerja. Ada pekerja yang menahan diri karena membutuhkan pekerjaannya dan bingung jika pergi.

Namun, ada juga yang lebih memilih untuk mengundurkan diri daripada merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya mungkin saja harus dilakukan diskusi yang serius jika kebanyakan pekerja tidak nyaman dengan budaya perusahaan.

Itulah alasan yang bisa menjadi penyebab seseorang mengundurkan diri dari pekerjaannya. Semoga informasi di atas bisa membantumu untuk mempertahankan rekan kerjamu.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak