alexametrics

3 Kebiasaan Menggunakan Pembalut Ini Berisiko terhadap Kesehatan

Hayuning Ratri
3 Kebiasaan Menggunakan Pembalut Ini Berisiko terhadap Kesehatan
Ilustrasi pembalut. (Pexels/Sora Shimazaki)

Pembalut adalah suatu alat dengan bentuk persegi panjang terbuat dari kapas yang empuk. Saat menstruasi datang, beberapa wanita memilih memakai pembalut untuk menampung darah haid yang keluar.

Namun demikian, terkadang masih ada kebiasaan yang salah dalam menggunakan pembalut.

Berikut ini terdapat tiga kebiasaan memakai pembalut yang berisiko mengganggu kesehatan, mengutip dari Hellosehat.

1. Memakai pembalut yang sudah lama diletakkan dalam tas

Banyak wanita yang menyimpan pembalut di dalam tas untuk berjaga-jaga jika tiba-tiba mereka menstruasi atau untuk cadangan saat tengah menstruasi. Namun, ternyata menyimpan pembalut selama berbulan-bulan berisiko terhadap kesehatan.

Pasalnya, walaupun dilihat dari luar tampak tidak rusak dan masih bersih, pembalut yang didiamkan lama dapat menyerap kotoran di sekitar. Biasanya, akan terdapat bakteri dan debu yang menempel di pembalut dan jika digunakan dapat mengakibatkan iritasi pada kulit vagina.

Oleh sebab itu, bagi wanita dianjurkan untuk mengganti persediaan pembalut secara rutin setiap 1 sampai 2 minggu sekali agar pembalut tetap aman dari bakteri dan kotoran lainnya.

2. Jarang mengganti pembalut setelah penggunaan berjam-jam

Cara aman untuk memakai pembalut adalah dengan menggantinya secara rutin dalam kurun waktu kurun tertentu. Untuk wanita yang sedang mengalami menstruasi, sebaiknya gantilah pembalut setiap 3-4 jam sekali. Namun, hal ini juga menyesuaikan dengan frekuensi cairan darah yang keluar, apabila sedang deras dan pembalut sudah penuh sebelum 3-4 jam, segera untuk ganti pembalut.

Pasalnya, pembalut yang tak segera diganti dapat mengakibatkan vagina menjadi lembab, sehingga mudah menjadi sarang bakteri dan jamur.

3. Tak membersihkan vagina setelah mengganti pembalut

Beberapa wanita terkadang menjadi malas saat harus membersihkan area vagina ketika menstruasi dan menunggu untuk membersihkan setelah menstruasi selesai. Padahal, vagina merupakan organ intim yang menjadi lebih sensitif saat menstruasi, sehingga tetap perlu dijaga kebersihannya.

Bagi wanita, dianjurkan untuk membilas vagina dengan air mengalir sebelum mengganti pembalut yang baru. Selanjutnya, perlu diingat untuk membiarkan vagina hingga kering terlebih dahulu sebelum menggunakan pembalut kembali.

Nah, itulah beberapa kebiasaan memakai pembalut yang tidak baik dan berisiko bagi kesehatan. Semoga bermanfaat ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak