alexametrics

6 Rekomendasi Buku Bacaan Member BTS, Ada yang Jadi Inspirasi Bikin Album!

Lirt
6 Rekomendasi Buku Bacaan Member BTS, Ada yang Jadi Inspirasi Bikin Album!
BTS (Twitter/bighitentertaiment).

Boyband Asal Korea Selatan, Bangtan boys atau BTS dikenal memiliki lagu-lagu yang indah dan enak didengar. Akan tetapi, tahukah kamu, tidak sedikit lagu-lagu BTS yang terinspirasi dari sebuah buku. 

Kim Namjoon atau RM yang merupakan leader dari BTS juga dikenal sebagai salah satu Idol Korea yang hobi membaca buku. Bahkan, ia disebut-sebut sebagai idol yang memiliki IQ tertinggi. Selain itu, Rapline BTS yaitu Suga, juga kerap kali terlihat sedang membaca atau membawa buku disela-sela kesibukannya.

Tidak heran jika mereka berdua menjadi orang yang paling banyak berkontribusi dalam lirik lagu Hits BTS.

Disadur dari berbagai sumber, ini 5 daftar buku yang dibaca oleh member BTS, sehingga membuat buku-buku tersebut ludes diserbu Army. Simak!

1. Kim Ji-Young Lahir tahun 1982

Buku fiksi karya Cho Nam Joo ini mengisahkan ibu muda bernama Kim Ji-Young yang mengidap masalah mental berupa depresi, karena tekanan yang begitu berat setelah menikah dan mempunyai anak.

Pada awalnya, ia merupakan seorang wanita karir yang bekerja di sebuah kantor dan dirinya sangat mencintai profesinya, hingga ia harus merelakan pekerjaannya tersebut. Cerita tentang lelahnya menjadi ibu rumah tangga ini juga sudah diangkat menjadi film pada tahun 2019 lalu.

RM merekomendasikan buku ini karena benar-benar menggugah emosi yang beragam. Buku ini juga banyak dibaca oleh para K-Pop idol lainnya. Buku ini menceritakan masalah sosial yang terjadi di masyarakat, seperti kesehatan mental, seksual, diskriminasi, dan lain-lain.

2 Reinventing Your Life

Buku ini terlihat dibawa oleh Suga setelah melakukan syuting bangbangcon saat itu. Buku ini ditulis oleh psikolog terkemuka Amerika yang menggunakan prinsip-prinsip terobosan terapi kognitif untuk membantu kita mengenali dan mengubah pola pikir negatif.

Dijelaskan ada 11 lifetraps yang paling umum. Buku ini memberikan tes diagnostik dan memberikan saran langkah demi langkah untuk membantu kita membebaskan diri dari jebakan, serta menciptakan kehidupan yang lebih memuaskan dan produktif.

Mengupas tentang lifetrap yang diwariskan orang tua, dihasilkan dari lingkungan, sampai dibangun oleh diri sendiri, yang ternyata menjadi sumber ketidakbahagiaan atau rasa depresi yang dialami banyak orang ketika dewasa.

3. The Ones Who Walk Away From Omelas - Ursula K. Le Guin

Buku ini bercerita tentang sebuah kota bernama Omelas. Meski tanpa pemimpin, penduduk di Omelas dikisahkan hidup teratur, tenteram, dan jauh dari kata barbar.

Senyuman tidak pernah pudar dari wajah penduduknya. Mereka juga selalu hangat menyapa setiap kali saling berjumpa. Kisah yang tampak membahagiakan ini ternyata menyembunyikan air mata dan kesedihan. Rasa pahit yang harus dibayar demi ketenteraman di Omelas.

Kisah ini yang akhirnya menjadi inspirasi di balik pembuatan lagu Spring Day dari BTS.

4. Almond

Saat syuting variety show  "BTS in The Soop", saat itu diperlihatkan RM dan Suga tengah membaca buku.

Buku yang dibaca berjudul Almond, menceritakan tentang anak laki-laki yang mengidap penyakit alexithymia. Laki-laki yang bernama Yun-jae ini tidak bisa merasakan berbagai emosi seperti bahagia, marah, ketakutan, dan lainnya selayaknya manusia pada umumnya.  

Selain itu, ia juga tidak pandai menilai perasaan orang lain hanya dari ekspresinya. Bagian yang menarik dari buku ini adalah tentang perjalanan hidupnya yang harus menerima kondisi dirinya sekaligus melampaui keterbatasan yang dia miliki.

5. The Miracles of the Namiya General Store

Buku science fiction dengan balutan slice of life dari Jepang ini sempat dibaca oleh Jin BTS.

Buku ini menceritakan tentang tiga pemuda berandal yang bersembunyi di toko tak berpenghuni setelah melakukan aksi pencurian. Tiba-tiba ada sepucuk surat misterius mendadak diselipkan ke dalam toko, berisi permintaan saran.

Surat aneh itu ternyata membawa mereka dalam petualangan melintasi waktu, menggantikan peran kakek pemilik toko kelontong yang menghabiskan tahun-tahun terakhirnya memberikan nasihat tulus kepada orang-orang yang meminta bantuan. Hanya untuk satu malam dan saat fajar menjelang, hidup ketiga pemuda itu tidak akan pernah sama lagi.

6. MAP OF THE SOUL: 7 Persona, Shadow & Ego

Terakhir, salah satu Album BTS paling laris yaitu Map of the Soul: Persona dan Map of the Soul: 7. Album ini terinspirasi dari buku psikologi yang ditulis oleh Murray Stein.

terlihat bahwa Dr. Stein sampai membuat buku baru lagi yang berjudul Map of the Soul: Persona, Our Many Faces yang mengungkapkan untuk BTS dan ucapan terima kasih untuk Army dalam menyebarkan teori Jungian Psychology.

Nah, dalam buku Murray ini, bersama analis psikologi, Steven Buser dan Leonard Cruz, lebih lanjut membuat konsep peta jiwa BTS melalui psikoanalisis Jungian berdasarkan album best seller mereka, Map of the Soul: 7, dan keterkaitannya dengan masalah kehidupan.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak