alexametrics

Hadirkan Bendul di Rumah, Sajian Mewah Berbahan Murah

Ares
Hadirkan Bendul di Rumah, Sajian Mewah Berbahan Murah
Ilustrasi Wisata Kuliner.

Jogja memiliki kekayaan kuliner tradisional. Beberapa kuliner tradisional Jogja menjadi menu kegemaran keluarga keraton Jogja. Salah satu kuliner kegemaran priyayi tersebut ternyata mudah dibuat. Bahannya mudah didapat, proses memasaknya juga singkat. 

Bendul, uniknya nama kuliner ini seunik bentuknya. Menurut Sumaryoto, General Manager Bale Raos dalam pemaparannya pada salah satu rangkaian kegiatan Webinar dan Lokakarya Internasional tentang Budaya Jawa yang digelar oleh Kraton Jogja pada 25 Juli 2021, mengatakan bahwa bendul merupakan salah satu kudapan kegemaran Sri Sultan Hamengku Buwono VIII. Tebuat dari singkong putih sebagai bahan utamanya, menjadikan menu satu ini kini banyak dihidangkan masyarakat karena bahan yang mudah didapat. 

Untuk membuat bendul, dimulai dengan menyiapkan 500 gram singkong berkualitas bagus. Menurut Sumaryoto, singkong yang bagus memiliki ciri segar, tidak layu, daging dan kulitnya mudah dipisahkan. Kupas dan bersihkan singkong, lalu dikukus hingga matang dan angkat. Diamkan sebentar hingga suhu panasnya hilang. Setelah dingin, giling atau tumbuk singkong hingga halus. Tambahkan 100 gram bubuk susu, 1 sendok margarin, 2 sendok mentega, 4 sendok roem butter, gula halus, vanili dan keju secukupnya, lalu uleni hingga kalis.

Setelah adonan kalis, bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan pipih menggunakan tangan, bentuk dan ukuran menyerupai bakpia. Selanjutnya panaskan teflon dengan api kecil,panggang adonan sebentar saja hingga bagian tengah adonan berwarna cokelat. Angkat adonan, dan tusuk menggunakan batang bambu atau batang sereh. Tata pada piring, bendul siap disajikan.

Di masa pandemi seperti saat ini, bendul bisa jadi pilihan camilan sehat keluarga karena bahannya yang alami. Selain itu, membuat bendul juga turut serta melestarikan kuliner tradisional khas Jogja.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak