alexametrics

Liburan ke Pontianak, Wajib Cobain Makanan ini!

vanecia conery
Liburan ke Pontianak, Wajib Cobain Makanan ini!
Ilustrasi Kulinet Khas Pontianak. [Istimewa]

Menjelang liburan pasti banyak dari kalian yang sudah berpikir ingin liburan kemana? Tentunya setiap tanggal merah dan liburan panjang mengingatkan kita akan masa liburan yang seru dan momen ketika kita bisa bersantai sejenak melupakan pekerjaan yang berat.

Bukan hanya momen liburannya saja, Anda pasti ingin menikmati makanan khas dari daerah tersebut untuk menambah pengalaman kuliner juga kan! Nah, kali ini kita akan kupas sedikit makanan apa saja yang wajib Anda coba ketika sedang berlibur ke Pontianak. Dari yang asin dan manis semua ada di kota ini, lho!

Tenang saja, tak usah ragu dan takut harus mengeluarkan budget lebih, karena makanan di Pontianak ini pastinya sesuai dengan kantong. Jadi, ini beberapa makanan yang wajib Anda coba jika ke kota Pontianak. Yuk simak artikel di bawah ini!

1. Chai Kue

Chai Kue adalah makanan asli Tionghoa yaitu Pontianak yang biasa dikenal dengan nama Choi Pan. Nah, makanan satu ini memiliki berbagai macam pilihan seperti bengkuang, talas, kucai. Makanan yang satu hampir mirip dengan pastel.

Bedanya, jika pastel di goreng, Chai Kue cukup di kukus dan dimakan dengan menggunakan cabai yang sudah dibumbui. Dijamin enak banget! 

2. Ko Kue 

Masih dalam keluarga "kue" nih, ada lagi cemilan yang bernama Ko Kue. Dilihat-lihat mungkin seperti bakwan goreng ya, tetapi bukan lho! Ko kue merupakan kuliner asal Ponti yang wajib Anda coba juga.

Terbuat dari tepung beras dan digoreng diatas wajan panas ditambah kecap menambah cita rasa dari makanan ini. 1 porsi Ko Kue hanya dibanderol harga Rp.15.000. Murah dan kenyang di waktu yang bersamaan lho!

3. Bakmi Tunggu Yau Tek

Dari namanya saja Anda sudah bisa membayangkan kalau untuk membeli bakmi ini, Anda harus rela menunggu berjam-jam. Ya, memang seramai dan seenak itu. Bakmi ini terkenal dengan ditunggu karena makin enak, bukan makin kesal. Lucu bukan?

Eits, bakmi ini non halal ya teman-teman, jadi jangan sampai salah. Seporsi bakmi ini terdiri dari mie yang sudah dibumbui dan beberapa suwiran daging kepiting, bakso ikan, potongan dan jeroan babi, ditambah dengan pangsit serta semangkuk kuah membuat rasa enak dari bakmi ini semakin lengkap. 

4. Ce Hun Tiau

Kalau dari tadi kita sudah membahas makanan asin, nah ini dia makanan manis dan segar yang wajib sekali Anda coba. Ce Hun Tiau merupakan minuman atau biasa disebut takjilnya orang Tionghoa. Minuman segar yang cocok Anda minum di siang hari di tengah panasnya kota Pontianak.

Ce hun tiau merupakan es yang berisi ketan hitam, kacang merah, cincau, bongko, santan, gula merah cair. Untuk harga, satu mangkok hanya di bandrol harga Rp.10.000 yang dijamin kenyang dan segar banget jadi jangan sampai tidak mencoba nya ya!

5. Kembang Tahu Gajah Mada

Suasana dinginnya malam kota Pontianak akan terasa kurang jika Anda tidak mencicipi kembang tahu yang berada di jalan Gajah Mada. Sepanjang jalan ini menjual kembang tahu yang dibaluri dengan gula merah untuk menambah cita rasa manis.

Duduk di pinggir jalan menikmati kembang tahu yang hangat bersama orang terkasih tentunya akan menambah cita rasa dari makanan ini. Bicara soal harga, satu mangkok kecil kembang tahu dibandrol harga Rp.8.000. Sedap banget kan!

Nah, itu dia 5 wisata kuliner yang wajib Anda coba ketika Anda berlibur ke kota Pontianak dengan harga yang affordable , rasa yang enak, dan kenyang puol. Semoga bermanfaat ya!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak