facebook

10 Film Horor Paling Seram Menurut Sains

Novan Harya Salaka
10 Film Horor Paling Seram Menurut Sains
Poster film Hereditary (pinterest) / keila nishi

Sebuah kajian ilmiah dilakukan oleh broadband comparison website di UK, Inggris untuk menentukan film terseram sepanjang sejarah dengan metode dan parameter tertentu. Kajian ilmiah ini dilakukan dengan mendeteksi detak jantung para partisipan selagi mereka menyaksikan 50 film horor terbaik yang telah dikurasi.

Hasilnya ditunjukkan dengan mencocokkan film mana yang meningkatkan detak jantung partisipan secara signifikan. Selain itu, kajian ilmiah ini juga melacak lonjakan detak tertinggi untuk menentukan film mana yang memiliki jumpscare terbaik.

Dilansir dari theeasttexasweekend.com, berikut daftar 10 film horror terseram berdasarkan studi atau kajian ilmiah ini!

1. Sinister (2012)

Seorang novelis true crime, Ellison Oswald sangat berambisi untuk mengulang kesuksesan buku pertamanya hingga ia pindah bersama keluarganya ke rumah bekas pembunuhan brutal.

Alih-alih inspirasi, Ellison malah menemukan kotak misterius berisikan beberapa kaset film rumahan di gudangnya dan menunjukkan teror yang mengancam seluruh keluarganya.

2. Insidious (2010)

Sebuah keluarga mencari cara untuk mencegah anaknya yang koma tak sadarkan diri dikurung oleh arwah jahat di sebuah alam dengan sebutan the further

3. The Conjuring (2013)

The Conjuring berkisah tentang pengalaman mencekam pasangan paranormal terkemuka di dunia, Ed dan Lorraine Warren. Mereka dipanggil untuk menyelidiki kasus teror yang dialami sebuah keluarga oleh entitas gelap di sebuah rumah terpencil.

Pasangan paranormal ini diperankan oleh aktor nominasi Oscar dan Golden Globe, Vera Varmiga sebagai Lorraine, dan Patrick Wilson sebagai Ed. Sementara itu, Ron Livingstone dan Lily Taylor memerankan suami istri dari keluarga Perron yang dihantui di rumahnya sendiri.

4. Hereditary (2018)

Saat Ellen, pimpinan keluarga Graham meninggal dunia, putri beserta keluarganya sedikit demi sedikit menemukan rahasia tersembunyi dan mengerikan. Semakin banyak rahasia terkuak, mereka semakin berusaha melarikan diri dari takdir terkutuk yang diduga turun temurun ini.

Melalui debutnya, penulis dan sutradara Ari Aster menunjukkan keahlian dan ketepatan, mengubah tragedi keluarga menjadi sesuatu yang disturbing dan menimbulkan kegelisahan. Hereditary mendorong film horror ke sebuah medan yang baru.

5. Paranormal Activity (2007)

Pasangan kelas menengah pindah ke sebuah rumah di daerah sub-urban. Mereka terganggu dengan kehadiran roh yang kerap menganggu di tengah malam, khususnya ketika pasangan ini terlelap tidur. Paranormal Activity membangun ketegangan menuju akhir cerita yang mengejutkan. 

6. It Follows (2014)

Hubungan seksual yang terasa wajar-wajar saja menyadarkan Jay bahwa ada kutukan pada dirinya. Ia merasa seseorang atau sesuatu selalu menguntitnya. Satu-satunya cara untuk menyelamatkan diri adalah menaruh kutukan tersebut pada orang lain melalui hubungan badan. It Follows diakui sebagai film horror of the year.

7. The Conjuring 2 (2016)

Satu lagi kisah dari arsip paranormal paling terkemuka di dunia, Ed dan Lorraine Warren diangkat ke layar lebar. Kembali diperankan oleh Vera Varmiga dan Patrick Wilson, Ed dan Lorraine Warren berkunjung ke daerah utara London untuk menolong ibu yang seorang diri membesarkan keempat anaknya di sebuah rumah, di mana roh jahat bersemayam.

8. The Babadook (2014)

Cerita yang menegangkan ini berpusat pada seorang ibu dan anaknya. Ia harus melindungi anaknya dari roh jahat, yang kabur dari sebuah buku cerita anak-anak, lalu mengintai keselamatan mereka.

9. The Descent (2005)

Setahun setelah kecelakaan tragis, enam perempuan bertemu di daerah terpencil bagian Appalachians untuk perjalanan gua yang mereka adakan tiap tahun. Petaka bermula ketika bebatuan longsor dan mengurung jalan keluar mereka.

Kelompok itu pun terpecah dan masing-masing berharap menemukan jalan keluar lain. Namun ada sesuatu lain mengintai, yakni sebuah ras humanoid yang hidup di kegelapan. Menyadari bahwa mereka kini adalah mangsa, naluri paling utama dilepas secara paksa demi perang melawan horror di bawah permukaan bumi.

10. The Visit (2015)

Becca dan Tyler dikirim ke rumah kakek dan neneknya di daerah pertanian Pennsylvania yang terpencil untuk kunjungan selama seminggu. Mereka dengan cepat menyadari ada  keanehan pada pasangan sepuh tersebut. Dengan peraturan aneh dan perilaku yang semakin tak wajar, mereka pun mengetahui bahwa membutuhkan usaha sangat keras untuk dapat kembali ke rumah hidup-hidup.

Dari kesepuluh film di atas, secara ilmiah, Sinister didapuk menjadi film terseram yang pernah dibuat. Beberapa film yang memberikan efek lonjakan detak tertinggi jatuh kepada Insidious, Sinister, The Exorcist III, The Conjuring, dan The Descent. Kelima film ini membuat detak jantung partisipan melonjak hingga 120 detak per menit!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak