facebook

5 Rekomendasi Buku Tentang Marketing, Para Marketer Wajib Baca!

Jessie YiCha
5 Rekomendasi Buku Tentang Marketing, Para Marketer Wajib Baca!
Ilustrasi Buku dan Laptop Kerja (Unsplash/Nick Morrison).

Tak bisa dipungkiri, semua perusahaan memerlukan seorang marketing strategist untuk membantu memasarkan produknya. Orang-orang yang bekerja di departemen pemasaran ini menjadi salah satu revenue producer tertinggi, karena merekalah yang menghasilkan penjualan dan laba bagi perusahaan. 

Saat ini, permintaan terhadap tenaga kerja di bidang marketing meningkat drastis. Banyak portal pekerjaan online yang membuka lowongan pekerjaan bagi digital marketer. Bahkan, prospek karier untuk bidang digital marketing ini sedikit lebih tinggi dari profesi mana pun. Biro Statistik Tenaga Kerja mengungkapkan bahwa permintaan terhadap profesi digital marketer akan meningkat hingga 10% pada tahun 2006. 

Oleh karena itu, belakangan ini semakin banyak orang yang ingin mempelajari ilmu dan teknik dasar marketing untuk mengikuti kebutuhan lapangan kerja. Sayangnya, seringkali akses terhadap ilmu pengetahuan dalam Bahasa Indonesia masih terbatas. Namun, jangan khawatir. 5 buku yang direkomendasikan ini mengupas ilmu-ilmu dan teknik dasar pemasaran secara lengkap dan jelas yang harus Anda pahami sebelum terjun di marketing industry. Semuanya sudah diterjemahkan dalam Bahasa Indonesia dan dapat ditemukan di toko buku terdekat.

This Is Marketing: You Can’t Be Seen Until You Learn to See karya Seth Godin

Seth Godin dikenal sebagai seorang marketing strategist profesional sejak beberapa dekade yang lalu. Ia menjadi mentor dan penasihat bisnis bagi banyak pengusaha kelas dunia. Awalnya, ia adalah seorang digital marketer dan mencetuskan commercial email untuk pertama kalinya. Melalui buku This Is Marketing, ia menjelaskan esensi pemasaran di era modern yang menekankan pada pendekatan emosional dan empati dengan konsumen.

Marketing 5.0: Technology for Humanity karya Herman Kartajaya, Iwan Setiawan, dan Philip Kotler

Philip Kotler dikenal sebagai The Father of Modern Marketing karena gagasan-gagasannya yang menjadi terobosan baru dalam dunia bisnis dan pemasaran. Melalui buku Marketing 5.0 yang ditulis bersama dua pakar pemasaran lainnya, mereka akan menjelaskan bagaimana perkembangan teknologi mampu membantu pembuatan strategi marketing yang lebih logis, prediktif, dan berbasis data.

The Fundamental of Digital Marketing karya Andreas Agung

Buku ini akan menjabarkan secara detail mengenai dasar-dasar yang perlu diketahui tentang pemasaran digital dan peluang-peluang bisnis online yang tersedia. Anda juga bisa mempelajari tentang social media marketing, email marketing, pembuatan landing page, teknik SEO, dan beragam scope terkenal lain dari digital marketing. Jika Anda baru mulai belajar dan terjun di industri ini, buku karya Andreas Agung adalah pilihan yang tepat.

Unmarketing: Everything Has Changed And Nothing Is Different karya Alison Kramer dan Scott Stratten

Scott Stratten pernah menjadi pemasar di industri musik, profesor universitas, dan pemilik agensi video paling populer di dunia, sebelum akhirnya fokus menjadi pembicara untuk perusahaan-perusahaan besar. Buku ini menjabarkan tentang cara-cara pemasaran yang sudah dianggap kuno dan tidak berlaku lagi serta menjelaskan esensi penting dari dunia marketing di era modern yang berfokus pada pendekatan emosional dengan konsumen. 

The Power of Digital Marketing karya GM Susanto

Buku best-seller ini menjelaskan tips-tips yang lebih praktis tentang pemasaran internet dan cara membangun bisnis online. GM Susanto membagikan pengalamannya selama bertahun-tahun di dunia digital marketing ke dalam satu buku lengkap yang akan membantu Anda meningkatkan penjualan secara signifikan. Setelah membeli bukunya, Anda juga dapat mengakses online course dan berbagai video tutorial secara gratis, lalu bisa langsung praktik.

Itulah 5 buku tentang marketing yang sangat lengkap dan informatif. Ada yang sudah Anda baca?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak