facebook

Ulasan Buku 'Mendidik Anak Seperti Rosulullah', untuk Orang Tua Wajib Baca

Anisa Rachma Agustina
Ulasan Buku 'Mendidik Anak Seperti Rosulullah', untuk Orang Tua Wajib Baca
Buku Mendidik Anak Seperti Rosul (Dokumen Pribadi/Anisa Rachma Agustina)

Anak adalah karunia yang diberikan oleh Allah kepada hambanya. Ketika Allah telah mempercayakan karunianya kepada kita sudah seyogyanya kita sebagai orang tua harus memberikan pendidikan terbaik untuk mereka. Anak lahir ke dunia seperti kertas putih tak bernoda. Pengajaran dan pembelajaran yang ia peroleh yang utama dan pertama adalah dari orang tuanya. Maka dari itu sebagai orang tua harus memberikan suri tauladan yang baik untuk buah hatinya.

Buku ini adalah buku kecil ukurannya hanya 12 x 17 cm namun besar manfaatnya. Buku ini bisa dibaca oleh siapa saja, seorang yang belum menikah atau mereka yang sudah menikah dan sebentar lagi memiliki buah hati. Pasalnya dalam buku ini diterangkan cara-cara mendidik anak seperti Rosulullah.

Pada Bab I kamu akan dibawa menuju pemahaman mengenai pendidikan yang sesungguhnya. Pada halaman 7 ini dijelaskan mengenai makna tarbiyah atau sering dikenal dengan pendidikan secara istilah yang bermakan membina atau menciptakan insan muslim yang berakhlak baik dan sempurna dari segala aspek yang berbeda, baik dari aspe kesehatan, akal, akidah, ruh keyakinan, dan manajemen.

Dari pernyataan itu dapat ditarik kesimpulan bahwa pendidikan bertujuan untuk menciptakan generasi yang memiliki akhlak yang baik. Dan salah satu pendidikan akhlak yang pertama diajarkan oleh orang tua. Maka dari itu sebagai orang tua sebaiknya belajar ilmu mendidik sebelum memutuskan untuk memiliki buah hati. Mendidik bukan perkara mudah perlu adanya seni dan kesabaran serta keuletan dalam setiap prosesnya.

Dalam halaman 14 kamu akan disuguhkan tentang ciri-ciri seorang pendidik, dimana dalam konteks ini pendidik yang dimaksut adalah orang tua sebagai madrasah ula pertama untuk buah hatinya.

Berikut merupakan 10 sifat pendidik yang baik:

1. Berilmu

2. Amanah (Bertanggung jawab)

3. Kuat

4. Adil

5. Berkeinginan Besar

6. Konsisten

7. Baik

8. Jujur

9. Penuh hikmah

Itu merupakan 9 sifat seorang pendidik, apakah kamu sudah siap menjadi pendidik yang baik untuk buah hatimu? Menjadi orang tua berarti kita harus senantiasa belajar, dan anak adalah teman dan partner belajar. Jadikan proses pembelajaran dengan buah hati semenyenangkan mungkin, supaya anak betah berlama-lama belajar dan memahami apa yang diajarkan.

Di halaman 26 kamu akan disuguhkan 5 metode pendidikan ala Rosulullah yang bisa kamu praktikkan.

1. Pendidikan dengan menggunakan metode keteladanan

2. Pendidikan dengan metode adat kebiasaan

3. Pendidikan dengan metode nasihat

4. Pendidikan dengan metode perhatian/pengawasan

5. Pendidikan dengan metode hukuman

Kamu dan pasangan bisa menggabungkan kelima metode tersebut dalam pengajaran dan pendidikan anak, supaya anakmu bisa menjadi anak yang berbhakti, beragama, berakhlakul kharimah, serta dapat menjadi generasi penerus yang sholih.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak