facebook

3 Faktor Kesuksesan Berdasarkan Buku Karya Malcolm, Kamu Setuju?

Rizky Melinda Sari
3 Faktor Kesuksesan Berdasarkan Buku Karya Malcolm, Kamu Setuju?
Cover buku Malcolm Gladwell (goodreads.com)

Benarkah kesuksesan dipengaruhi oleh berbagai faktor, tidak hanya karena usaha dan kerja keras seseorang? Berdasarkan salah satu buku pengembangan diri yang ditulis oleh Malcolm Gladwell yang berjudul Outliers: The Story of Succes, ada beberapa faktor yang dapat memengaruhi kesuksesan seseorang.

Walaupun faktor-faktor yang terdapat pada buku ini tidak bisa dijadikan rujukan utama, tetapi kita bisa mengambil pelajaran pentingnya untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Apa saja faktor-faktor tersebut?

Berikut ini adalah beberapa faktor yang menentukan kesuksesan seseorang berdasarkan tulisan Malcolm Gladwell dalam bukunya.

1. Tanggal lahir menentukan nasib

Mungkin sebagian besar orang tidak percaya dengan statement ini. Maksud dari kalimat ini bukanlah merujuk pada gugusan bintang dan zodiak serta ramalan lainnya. Maksud sebenarnya adalah berhubungan dengan waktu atau kapan anak tersebut dilahirkan dengan kondisi fisik dan pertumbuhannya.

Misalkan, ada seorang anak yang berbakat di bidang olahraga dan lahir di awal tahun, serta tentu saja ada juga anak yang berbakat di bidang yang sama dan lahir di akhir tahun. Ketika ada perekrutan anggota, maka anak yang lahir di awal tahun secara teknis akan memiliki fisik dan pertumbuhan yang lebih daripada anak yang lahir di akhir tahun, sekalipun mereka lahir di tahun yang sama.

2. Aturan 10.000 jam

Ada sebuah aturan yang menyatakan bahwa seseorang harus mendedikasikan waktunya selama 10.000 jam untuk bisa mencapai kehalian tertentu. Dikatakan bahwa seorang amatir yang terus berlatih hingga 10.000 jam dapat menjadi seorang ahli di bidang yang sedang diseriusi tersebut. Hal ini menujukkan bahwa kerja keras dan dedikasi sangat berperan penting dalam mencapai sebuah kesuksesan.

3. Budaya di suatu wilayah

Dalam buku ini, penulis juga menunjukkan sebuah fakta yang cukup unik. Penulis mengatakan bahwa rata-rata tingkat kecerdasan matematika di Asia lebih tinggi daripada di Eropa. Hal ini disebabkan karena pengaruh budaya dan bahasa. 

Asia terkenal dengan budaya bertaninya yang konvensional dan tradisional. Ketika sedang bertani, para petani di Asia lebih mengandalkan tenaga daripada alat dan mesin modern, berbeda dengan di Eropa. Sehingga hal ini menunjukkan bahwa orang-orang di Asia telah mengenal kerja keras sejak dulu. Hal ini dikatakan juga berhubungan dengan bahasa Asia yang cenderung lebih rumit dan perlu pemahaman lebih.

Itulah tiga faktor kesuksesan yang dijabarkan oleh Malcolm Gladwell dalam bukunya tersebut. Apakah kamu setuju? Pada dasarnya, yang dapat menentukan apakah kita sukses atau tidak adalah diri kita sendiri. Kita yang tahu potensi dan bakat, jadi kita sendiri yang bisa mengontrol serta mengembangkannya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak