alexametrics

Mahasiswa Undip Berikan Edukasi Aktivitas Isoman Covid-19

Agita Meutia
Mahasiswa Undip Berikan Edukasi Aktivitas Isoman Covid-19
Modul Tanya Jawab Isolasi Mandiri

Virus COVID-19 di Indonesia saat ini mengalami “gelombang kedua” dengan ditunjukkannya angka penyebaran yang sangat tinggi hingga mencapai 50.000 kasus/hari. Berbagai permasalahan timbul ketika hasil mengatakan positive Covid-19, bisa saja melakukan isolasi mandiri dirumah atau rawat inap di fasilitas kesehatan seperti Rumah Sakit. Beberapa keluarga pasien minim akan pengetahuan jika melakukan isolasi mandiri di rumah.

Mengetahui hal tersebut, Agita Meutia Ardhana salah satu mahasiswi KKN Tim II Undip 2021 akan melakukan edukasi tentang peningkatan pemahaman masyarakat dalam aktivitas isolasi mandiri COVID-19.

Sasaran dari kegiatan ini adalah warga sekitar RW 08 Kelurahan Padangsari. Terdapat kendala dalam penyampaian edukasi ini, yaitu kondisi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) sehingga penyampaian edukasi ini melalui platform Group Whatsapp pada Kamis, 22 Juli 2021.

Meskipun dalam kondisi diberlakukan PPKM kegiatan edukasi masih bisa dilakukan secara daring melalui Group Whatsapp dengan warga. Kegiatan edukasi mengenai peningkatan pemahaman masyarakat dalam aktivitas isolasi mandiri memiliki tujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat bahwa isolasi mandiri di rumah tidak berbahaya dan bisa ditangani sendiri.

Salah satu perilaku yang dapat dilakukan selama isolasi mandiri yaitu berjemur, mencuci tangan menggunakan sabun, mengkonsumsi makanan yang bergizi dan mengkonsumsi multivitamin yang dianjurkan dosisnya. Jika terkena virus Covid-19 pasien tidak diperbolehkan untuk berkegiatan secara aktif, lebih baik untuk beristirahat.

Berbagai persiapan juga telah dilakukan seperti pencarian bahan materi didapatkan dari berbagai sumber yaitu WHO atau World Health Organization dan buku saku tentang isolasi mandiri yang disusun oleh Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia alias FKUI dan RSCM (Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo). Pada program ini, mahasiswa KKN juga membagikan goodie bag, yang berisi COVID-19 starter pack seperti hand-sanitizer, masker dan buku modul mengenai COVID-19.

Penulis : Agita Meutia Ardhana

DPL        : Ir. Sulistyo, M.T., Ph.D.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak