facebook

Tim PKM-PM UNHAS Dampingi Istri Supir Angkot Panen Sayuran Hidroponik

Andi Fitria
Tim PKM-PM UNHAS Dampingi Istri Supir Angkot Panen Sayuran Hidroponik
Masyarakat bersama tim PKM dari Universitas Hasanuddin foto bersama setelah panen tanaman hidroponik.

Pengabdian kepada Masyarakat atau PKM-PM Universitas Hasanuddin yang diketuai oleh Andi Fitria Idham, beranggotakan Andi Muhammad Rayyan Eka Putra, Jauharah, Muhammad Ayatullah Khumaeni, dan Asrina mendampingi komunitas istri supir angkutan umum (pete-pete) memanen sayuran kangkung dan sawi yang ditanam pada instalasi hidroponik.

Kegiatan panen ini dilakukan di lokasi instalasi hidroponik pada daerah rumah mitra di BTN Minasaupa blok N, Makassar pada Ahad (25/7) lalu. "Sayuran yang telah dipanen ini nantinya sebagian akan dikonsumsi dalam keluarga dan sebagian lagi akan dititipkan di pedagang sayur untuk dijual." kata Ibu Miming saat ditanya mengenai pemanfaatan sayuran hasil hidroponik ini nantinya.

Masyarakat mitra mengaku bahwa pada awalnya mereka merasa bahwa kultivasi hidroponik ini cukup sulit, namun dengan pendampingan dari tim PKM-PM Unhas, mereka merasa sangat terbantu untuk melakukan praktik kultivasi hidroponik ini.

Masyarakat mitra juga telah mengungkapkan bahwa mereka bersedia untuk membagikan pengetahuan mengenai kultivasi hidroponik ini kepada orang lain disekitarnya, baik itu keluarga terdekat mereka ataupun tetangganya yang lain.

Kegiatan panen tanaman hidroponik ini merupakan bagian akhir dari rangkaian kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat yang berjudul "Kultivasi Hidroponik sebagai Upaya Manajemen Nutrisi dan Peningkatan Produktivitas Keluarga Pekerja Esensial Prasejahtera di Kelurahan Minasaupa". Kegiatan ini sepenuhnya dibiayai oleh Belmawa Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) melalui kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak