alexametrics

10 Manfaat Serai untuk Kesehatan

Heni
10 Manfaat Serai untuk Kesehatan
Ilustrasi Daun Serai. (Pexels//Mã Minh)

Serai adalah tanaman yang mudah ditemui di Indonesia. Masyarakat luas sering menggunakan tanaman ini sebagai bumbu. Tidak hanya bisa membuat masakan menjadi nikmat, ternyata serai punya segudang manfaat untuk kesehatan, dilansir organicfacts.net berikut informasinya:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Penelitian yang diterbitkan pada 2011 dalam jurnal Food and Chemical Toxicology mengungkapkan bahwa minyak esensial dalam serai memiliki sifat anti-hiperlipidemia dan anti-hiperkolesterolemia yang mendukung kadar kolesterol sehat.

2. Detoksifikasi tubuh

Serai memiliki sifat diuretik sehingga dapat membantu membersihkan dan membuang limbah beracun berbahaya dari tubuh. Detoksifikasi bermanfaat untuk menjaga kesehatan berbagai organ tubuh termasuk hati dan ginjal. Selain itu, serai juga dapat membantu menurunkan kadar asam urat. 

3. Meringankan gejala gangguan pencernaan

Minyak atsiri serai bersifat anti-mikroba dan anti-bakteri yang dapat membantu meringankan gejala infeksi yang disebabkan oleh patogen seperti Helicobacter pylori dan Escherichia coli .

4. Mengatasi insomnia

Teh serai dapat membantu menenangkan otot dan saraf sehingga mampu membantu meningkatkan kualitas tidur. Penelitian menunjukkan bahwa teh serai memiliki sifat sedatif, yang dapat membantu meningkatkan durasi tidur.

5. Mengobati gangguan pernapasan

Serai banyak digunakan dalam metode pengobatan Ayurveda karena dapat menyembuhkan batuk dan pilek. Selain itu kandungan vitamin C dalam serai juga dapat meredakan penyumbatan hidung, flu, dan gangguan pernapasan lainnya seperti asma bronkial.

6. Membantu menurunkan demam

Serai juga dikenal sebagai "rumput demam" karena kemampuannya menurunkan demam. Serai memiliki efek antipiretik dan diaforis yang dapat menurunkan demam.

7. Antiseptik

Serai memiliki sifat antimikroba dan anti-jamur sehingga efektif mengobati infeksi seperti kurap, luka, kutu air, kudis, dan infeksi saluran kemih (ISK) . Penelitian menunjukkan bahwa ramuan serai dapat memberikan efek penyembuhan pada infeksi dermatologis, seperti infeksi jamur , dengan menghambat pertumbuhan patogen.

8. Meningkatkan imunitas

Ekstrak serai memiliki efek menguntungkan pada tindakan inflamasi sitokin, yang merupakan molekul sinyal di mana sel-sel berkomunikasi dan merespons tubuh. Penelitian telah menunjukkan bahwa ekstrak serai bertindak sebagai anti-inflamasi sehingga menghambat produksi sitokin.

9. Mengurangi jerawat

Kualitas astringen dan antiseptik pada serai membuat tanaman ini dapat digunakan sebagai perawatan jerawat. Serai dapat memperkuat jaringan kulit dan membersihkan pori-pori.

10. Menghilangkan bau badan

Serai digunakan dalam pembuatan deodoran karena sifatnya yang dapat membersihkan antibakteri. Deodoran membantu memerangi bau badan yang tidak sedap dan mencegah infeksi jamur dan bakteri. Serai juga dapat digunakan untuk menghilang bau dan meredakan kaki yang sakit.

Itulah beberapa manfaat serai untuk kesehatan. Kamu sudah pernah coba yang mana aja nih?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak