facebook

5 Makanan Ini Dianggap Bisa Dijadikan Menu Anti Kanker

Xandra Junia Indriasti
5 Makanan Ini Dianggap Bisa Dijadikan Menu Anti Kanker
Ilustrasi Tomat (pixabay)

Kanker merupakan salah satu penyakit yang dianggap mengerikan oleh banyak orang. Pasalnya, seringkali masalah ini dapat memicu kematian bagi siapapun yang mengalaminya.

Meskipun penyakit ini sulit untuk disembuhkan, tapi kamu bisa mencegahnya sejak dini. Misalnya, dengan mengonsumsi kelima makanan anti kanker, seperti yang telah dirangkum dari hellosehat dan alodokter di bawah ini.

1. Bawang Putih

Ilustrasi Bawang Putih (pixabay)
Ilustrasi Bawang Putih (pixabay)

Tak hanya menambah cita rasa masakan, bawang putih juga bisa dijadikan pencegah kanker, lho. Hal ini dikarenakan adanya berbagai macam senyawa phytochemical yang terkandung di dalamnya. Mulai dari flavonoid, saponin, inulin, hingga allicin yang bersifat anti kanker.

Semua senyawa tersebut disebut mampu mengurangi risiko kanker kolorektal, karena dapat memperbaiki kerusakan sel pada DNA, mengatasi peradangan, serta menghambat perkembangan sel kanker.

2. Nanas

Ilustrasi Nanas (pixabay)
Ilustrasi Nanas (pixabay)

Nanas diketahui mengandung serat, kalsium, natrium, fosfor, kalium, serta berbagai vitamin, seperti A, B, dan C. Semua zat ini berguna bagi tubuh dalam melawan peradangan, menstabilkan tekanan darah, meningkatkan sistem imun, dan memperlancar sistem pencernaan.

Kemudian, sebuah studi mengungkapkan bahwa buah ini juga memiliki sifat anti kanker berkat senyawa bromelain di dalamnya. Kandungan tersebut bekerja dengan memperlambat pertumbuhan sel kanker, melemahkan, serta memicunya untuk mati. Dengan begitu, kerusakan yang dihasilkan bisa diperbarui.

3. Sayuran Hijau

Ilustrasi Sayuran Hijau (pixabay)
Ilustrasi Sayuran Hijau (pixabay)

Sayuran hijau ini juga termasuk dalam kelompok cruciferous yang terdiri dari brokoli, kembang kol, kubis, dan bok choy. Keempatnya mengandung beta karoten, zeaxanthin, lutein, folat, serat, serta dilengkapi dengan vitamin C, E, dan K.

Rutin mengonsumsi sayuran jenis ini nyatanya bisa mencegah kanker. Pasalnya, ketika dikunyah dan dicerna dapat membentuk senyawa aktif. Berbagai efek akan diperoleh, seperti DNA yang terlindungi dari kerusakan sel, memperlambat penyebaran tumor, serta meningkatkan daya tahan tubuh dengan sifat antivirus, antiradang, dan antibakteri.

Menurut para ahli, beberapa jenis kanker yang bisa dicegah oleh sayuran hijau adalah kanker paru, kolorektal, dan prostat.

4. Tomat

Ilustrasi Tomat (pixabay)
Ilustrasi Tomat (pixabay)

Warna merah pada tomat menandakan bahwa ada kandungan likopen di dalamnya. Kadarnya juga bisa dibilang cukup tinggi dan merupakan senyawa karotenoid dengan sifat antioksidan. Manfaatnya, mampu mencegah dan menghambat produksi berbagai jenis kanker, seperti payudara dan prostat.

Selain itu, tomat kaya akan nutrisi lain, mulai dari vitamin A, C, K hingga kalium serta kromium. Semuanya berfungsi dalam menjaga kesehatan kulit, mengontrol gula darah, memperbaiki penglihatan, dan mencegah perkembangan sel kanker.

Guna memperoleh manfaat tomat ini, kamu bisa menyisipkannya pada tiap menu yang disantap setiap hari. Misalnya, satu atau dua buah dirasa sudah cukup untuk asupan harian.

5. Teh Hijau

Ilustrasi Ekstrak Teh Hijau (pixabay)
Ilustrasi Ekstrak Teh Hijau (pixabay)

Terakhir, ada teh hijau yang juga masuk ke dalam menu anti kanker. Tanaman ini bisa diolah menjadi minuman maupun makanan. Rasanya cenderung pahit dibandingkan jenis lainnya. Namun, dianggap lebih sehat dan biasa dikonsumsi oleh para pelaku diet karena mampu meluruhkan lemak.

Tak hanya itu, Cancer Research UK menjelaskan bahwa ekstrak teh hijau dapat membunuh sel kanker. Pasalnya, ada kandungan polifenol berupa katekin yang memiliki sifat antioksidan. Senyawa ini berguna untuk menangkal radikal bebas yang merusak sel tubuh.

Pada zat katekin tersebut, terdapat EGCG (epigallocatechin-3-gallate) dengan potensi sebagai kandungan anti kanker yang mampu menurunkan risiko berbagai jenis kanker. Misalnya, pada mulut, paru-paru, esofagus, dan kandung kemih.

Itulah lima makanan yang disebut memiliki kandungan anti kanker. Namun, jika kamu mengalami gejala akan penyakit ini, segera konsultasikan kepada ahlinya, ya.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak