alexametrics

5 Manfaat Daun Kale Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Risiko Kanker

Sumaiyah Putri
5 Manfaat Daun Kale Bagi Kesehatan, Salah Satunya Mengurangi Risiko Kanker
Ilustrasi daun kale (pixabay/jwdenson)

Daun kale adalah salah satu sayuran yang berasal dari keluarga kubis, bersama dengan brokoli, kembang kol, dan sawi. Makanan yang diberi nama superfoods dan sumber makanan nabati paling bergizi ini memiliki segudang keunggulan yang tidak perlu diragukan lagi. Manfaat daun kale bagi kesehatan tak lepas dari kandungan nutrisinya yang melimpah.

Mengingat banyaknya suplemen dan antioksidan di dalamnya, tidak mengherankan jika daun kale dianggap sebagai salah satu makanan padat nutrisi yang memiliki segudang manfaat bagi kesehatan. Hellosehat dan alodokter menyadur berbagai manfaat daun kale yang bisa kamu ketahui.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Salah satu manfaat daun kale adalah mengurangi risiko kanker. Pasalnya, daun kale dan sayuran hijau lainnya mengandung klorofil yang membantu tubuh dengan menghambat asimilasi amina heterosiklik.

Amina heterosiklik adalah senyawa sintetis yang dibuat saat kamu memasak daging makhluk hidup pada suhu tinggi. Senyawa zat ini sering dikaitkan dengan sel-sel pertumbuhan ganas. Oleh karena itu, kamu mungkin perlu mencoba makan daging panggang dengan sayuran hijau seperti daun kale untuk mengurangi efek sampingnya.

2. Melindungi Tulang

Penggemar susu mungkin akan merasa nyaman dengan kalsium di dalamnya yang dapat mengimbangi padatnya tulang dan gigi. Padahal, sumber kalsium tidak hanya didapat dari susu. Kamu juga bisa menjaga kesehatan tulang dengan daun kale.

Tidak mengherankan bila kandungan kalsium dalam daun kale menawarkan manfaat besar untuk kesehatan tulang. Itulah alasannya, kamu perlu rutin makan sayur agar tulang tidak mudah rapuh dan berisiko terkena osteoporosis.

3. Menjaga Kesehatan Mata

Gangguan pada penglihatan merupakan salah satu tanda penuaan yang tidak bisa dipungkiri. Untungnya, ada beberapa hal dasar yang dapat kamu lakukan untuk lebih meningkatkan kesehatan mata. Salah satunya adalah rutin mengonsumsi daun kale.

Khasiat sawi putih adalah karena kandungan penguat sel padat zeaxanthin dan lutein yang dapat melindungi retina dan lensa mata kamu dari penyakit mata yang umum terjadi, seperti degenerasi makula dan katarak.

4. Menyehatkan Jantung

Daun kale bisa menjadi pilihan makanan yang tepat bagi kamu yang mengalami efek buruk atau ingin mencegah penyakit jantung. Pasalnya, daun kale mengandung zat lain yang kuat dalam menurunkan kadar kolesterol darah, serta memiliki kemampuan untuk membantu mencegah kerusakan pada dinding arteri

5. Mencegah Diabetes

Kunci utama untuk mencegah diabetes adalah mengendalikan glukosa dan ini dapat dicapai dengan mengonsumsi daun kale. Manfaat daun kale didapat karena sayuran hijau ini kaya akan vitamin, mineral, serat, dan antioksidan.

Selain itu, kandungan antioksidan dalam daun kale juga dapat membantu melawan radikal bebas akibat kadar gula darah yang tinggi. Antioksidan dalam daun kale ini berbentuk vitamin C dan asam alfa-linolenat yang terbukti dapat mengurangi komplikasi diabetes.

Itulah lima manfaat daun kale bagi kesehatan. Kamu dapat mulai mengonsumsinya dengan berbagai cara sederhana, seperti menambahkan daun kale ke dalam salad, smoothie, sereal, atau sup. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak