facebook

7 Manfaat Labu Air bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Kurangi Risiko Kanker

Xandra Junia Indriasti
7 Manfaat Labu Air bagi Kesehatan, Salah Satunya Bisa Kurangi Risiko Kanker
Labu Air (freepik)

Labu air adalah salah satu jenis sayuran yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. Warnanya hijau dan seringkali disebut sebagai labu panjang, terompet, atau botol. Labu air biasa diolah menjadi bahan tumisan, sayur asem, atau lodeh. Selain lezat, sayuran ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan.

Nah berikut ini, hellosehat dan halodoc merangkum tujuh manfaat labu air untuk kesehatan yang jarang diketahui.

1. Mengurangi Risiko Kanker

Berkat antioksidan, labu air mampu mengurangi risiko pertumbuhan kanker. Jenis senyawa yang terdapat di dalamnya adalah anthraquinone dan quercetin. Keduanya bersifat antiagiogenesis yang bisa mencegah penyakit tersebut.

Senyawa dengan sifat seperti itu akan mencegah perkembangan pembuluh darah, sehingga sel kanker sulit tumbuh secara optimal. Antioksidan juga diketahui mampu memperlambat penyebaran kanker pada tubuh.

2. Memperlancar Sistem Pencernaan

Labu air kaya akan serat dan air yang bermanfaat untuk membersihkan serta memperlancar sistem pencernaan. Kamu dapat terhindar dari berbagai gangguan, seperti diare atau sembelit. Dengan begitu, buang air besar menjadi lebih lancar dan terasa semakin mudah.

3. Mencegah Berat Badan Berlebih

Labu air merupakan salah satu jenis sayuran yang rendah kalori, sehingga cocok dijadikan menu harian diet. Selain itu, terdapat kandungan serat dan air yang tinggi, dimana dapat mencegah berat badan berlebih atau obesitas.

4. Mengontrol Gula Darah

Sebuah jurnal internasional menyatakan manfaat labu air dalam mengontrol gula darah sehingga kadarnya tidak naik. Jika rutin mengonsumsinya, penurunan akan terjadi sebesar tiga persen dan disebut sangat baik bagi para penderita diabetes.

5. Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Labu air juga mengandung mineral yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi, lho. Diantaranya, kalsium, fosfor, dan magnesium. Dengan mengonsumsinya secara rutin, akan menjauhkanmu dari pengeroposan tulang atau osteoporosis.

6. Menurunkan Kolesterol

Berbagai studi meneliti bahwa labu air dapat menurunkan kadar kolesterol, salah satunya LDL. Istilah ini ditujukan pada lemak jahat yang mampu merangsang pembentukan plak di dalam pembuluh darah.

Dengan manfaatnya ini, labu air akan menyelamatkanmu dari berbagai penyakit berbahaya. Misal, gangguan jantung. Mengonsumsinya dapat membuatmu senantiasa menjadi semakin sehat.

7. Mengatasi Penyakit Kulit

Ekstrak seluruh bagian labu air, seperti daun, daging, dan biji sudah lama digunakan sebagai obat tradisional untuk penyakit kulit. Hal ini dikarenakan adanya kandungan antimikroba yang cukup tinggi.

Beberapa studi juga mengungkapkan bahwa labu air berpotensi mampu melawan bakteri penyebab infeksi. Tanda-tandanya meliputi muncul ruam, kemerahan, serta terasa nyeri dan gatal.

Itulah ketujuh manfaat labu air yang ternyata baik bagi kesehatan tubuh. Apakah kamu pernah atau bahkan sering mengonsumsinya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak