facebook

7 Manfaat Buah Raspberry bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Baik untuk Jantung!

Xandra Junia Indriasti
7 Manfaat Buah Raspberry bagi Kesehatan yang Jarang Diketahui, Baik untuk Jantung!
Raspberry. (pixabay)

Raspberry khususnya yang berwarna merah tergolong jenis beri populer sama seperti stroberi. Rasanya sendiri cenderung manis dan asam. Buah ini termasuk sumber antioksidan yang tinggi, lho. Apabila rutin mengonsumsinya, kamu bisa memperoleh tujuh manfaat berikut ini bagi kesehatan dan jarang diketahui.

1. Melindungi Kesehatan Kulit

Guna memperoleh kulit yang sehat, kamu bisa mengonsumsi raspberry karena mengandung beragam nutrisi baik. Mulai dari antioksidan, vitamin A, dan vitamin C yang baik untuk melindungi kesehatan kulitmu.

Berkat kandungan nutrisi dan senyawanya tersebut, raspberry juga dianggap mampu mencegah serta mengatasi berbagai tanda penuaan dini pada kulit. Vitamin C yang terkandung di dalamnya berperan penting untuk produksi kolagen.

2. Memelihara Fungsi Otak

Fungsi otak dapat menurun seiring bertambahnya usia. Proses ini menjadi lebih cepat dan parah saat kamu sering terpapar radikal bebas. Oleh karena itu, perlu memenuhi asupan antioksidan yang salah satunya diperoleh dari raspberry.

Kadar antioksidan yang tinggi pada buah tersebut membuatnya mampu memelihara kesehatan otak, meningkatkan daya ingat, serta menjauhkannya dari berbagai gangguan. Diantaranya, demensia, alzheimer, dan parkinson.

3. Mengurangi Berat Badan

Raspberry menjadi salah satu buah yang cocok untuk menu diet harian. Pasalnya, terdapat kalori yang rendah dan serat, dimana baik dalam proses menurunkan berat badan. Kandungan ini akan membuatmu merasa kenyang lebih lama.

Dengan begitu, nafsu makan yang memuncak bisa terkendali dan menghindarimu dari mengonsumsi makanan berlebih. Namun, untuk mencapai berat badan ideal, perlu imbangi diet dengan berolahraga serta pola hidup sehat lainnya.

4. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Dikarenakan kaya akan serat, raspberry mampu memperlancar sistem pencernaan serta menjaga keseimbangan jumlah bakteri baik pada usus. Maka, jika mencukupi kebutuhan hariannya, bisa menurunkan risiko terkena sembelit.

5. Menjaga Tulang dan Sendi

Buah raspberry juga mengandung antioksidan resveratrol, kalsium, dan protein yang nyatanya baik untuk memelihara kekuatan tulang serta sendi. 

Dengan begitu, bisa mencegah terjadinya pengeroposan (osteoporosis). Lalu, berkat sifat antiradang, raspberry juga bisa mencegah, mengatasi, dan meringankan gejala radang sendi.

6. Baik untuk Jantung

Kombinasi antara kandungan serat dan antioksidan tinggi pada raspberry menjadikannya sebagai buah yang baik untuk menjaga kesehatan jantung. Kamu akan terhindar dari beberapa penyakit jika rutin mengonsumsinya.

Mencukupi asupan keduanya ternyata bisa menurunkan jumlah kolesterol jahat dalam tubuh. Hal ini memberikan maanfaat untuk mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit kardiovaskular, seperti jantung dan stroke. 

7. Mengendalikan Gula Darah

Rutin mengonsumsi raspberry disebut dapat membantu mengendalikan gula darah. Pasalnya, buah ini memiliki kadar indeks glikemik rendah, dimana tidak akan menaikkan angkanya secara drastis. Dengan begitu, kamu bisa terhindar dari penyakit diabetes.

Itulah ketujuh manfaat yang bisa diperoleh dari raspberry untuk kesehatan. Apakah kamu tertarik atau bahkan rutin mengonsumsi buah satu ini?

Sumber: alodokter, sehatq, klikdokter

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak