facebook

4 Manfaat dari Zeigarnik Effect

ipang peralta
4 Manfaat dari Zeigarnik Effect
Ilustrasi brain work. (freepik.com/author/macrovector)

Pernahkah kamu mengalami kesulitan fokus karena pikiran kamu sendiri terus menghalangi fokus? Pikiran seolah dihantui oleh tugas yang belum selesai. Apakah itu terus memikirkan cerita seseorang yang belum diceritakan di film atau anime? Penasaran seperti apa kelanjutan dari drama Korea yang sedang ditonton tapi belum berakhir?

Neuro Linguistic Programming, atau NLP, menyebut situasi seperti ini sebagai "Loop Terbuka". Jika Anda tidak tahu apa artinya ini, kamu juga dapat mencari Efek Zeigarnik, yang merupakan istilah lain dalam psikologi. Keadaan mental yang terjadi ketika kamu tidak memiliki semua fakta.

Gagasan utama di balik efek ini adalah bahwa itu tidak lengkap. Ketika sesuatu tidak selesai, rasanya tidak enak. Ketidaklengkapan ini juga akan banyak mendapat perhatian hingga ditemukan solusi atau hal lain yang dapat menyelesaikannya. Ketika efek ini terjadi, kamu mungkin merasa penasaran, bingung, atau tidak yakin.

Sebagai efek psikologis, Efek Zeigarnik dapat digunakan untuk banyak hal dalam kehidupan sehari-hari, antara lain:

1. Meningkatkan daya ingat

Efek Zeigarnik mendukung gagasan bahwa istirahat sambil belajar atau mengerjakan proyek dapat membantu orang mengingat apa yang telah mereka pelajari. Sebagian besar waktu, kami menyimpan informasi dalam memori sensorik kami segera setelah kami mendapatkannya.

Jika kita memperhatikan informasi dengan cermat, kita mungkin dapat mengingatnya untuk waktu yang singkat. Kita dapat mengingat informasi ini untuk waktu yang lama jika kita menggunakannya dan mempraktikkannya secara teratur, dengan jeda di antaranya.

Karena Efek Zeigarnik, kami mudah mengingat informasi tentang tugas atau pelajaran yang belum kami selesaikan. Ketegangan ini membantu kita menggunakan lebih banyak energi mental saat kita terus meringkas informasi dalam pikiran kita sehingga kita dapat menyimpannya dalam memori jangka panjang.

Jadi, kamu dapat menggunakan efek ini untuk keuntungan kamu dengan mempelajari sesuatu secara perlahan dan beristirahat di antara tahapan. Ini dapat membantu kamu mengingat apa yang telah kamu pelajari saat menghadapi ujian atau perlu menggunakan apa yang telah kamu pelajari.

2. Meningkatkan motivasi

Tetapkan tugas yang belum selesai sebagai tujuan pribadi. Biarkan itu menempati ruang utama dalam pikiran Anda dan konsumsi sumber daya mental sehingga dapat mengurangi hal-hal lain yang dilakukan dalam hidup kamu. Dan karena otak berpikir bahwa tugas yang belum selesai ini penting, ia menolak untuk berhenti berpikir sampai tugas itu selesai.

Kemudian, ketika kamu membutuhkan dorongan motivasi ekstra untuk mencapai tujuan kamu, cobalah untuk melakukan tindakan dalam porsi kecil. Ini membantu memastikan bahwa pikiran 'mengganggu' yang diperlukan muncul sehingga kita dapat selalu ingat bahwa tujuan besar belum tercapai.

Konkretnya, kamu dapat merekam tugas penting dan utama yang ingin kamu selesaikan segera di buku agenda, catatan tempel, atau aplikasi kalender untuk penjadwalan kegiatan. Tuliskan target untuk tindakan kecil untuk mencapai penyelesaian tugas besar dan tetapkan waktu kapan kamu harus menyelesaikannya.

Dengan begitu, kamu akan lebih termotivasi untuk menyelesaikan setiap tindakan kecil secara bertahap hingga dapat diselesaikan dalam waktu yang ditentukan.

3. Mengurangi kecenderungan menunda

Banyak orang suka menunggu sampai menit terakhir untuk menyelesaikan sesuatu, bukan? Menunda sesuatu bisa membuat stres, tetapi terburu-buru menyelesaikannya dapat merusak kualitas pekerjaan.

Gunakan efek Zeigarnik untuk keuntungan kamu dengan mulai melakukan sesuatu jauh sebelum kamu perlu melakukannya. Bahkan jika itu adalah hal yang kecil dan mudah dilakukan. Setelah memulai tugas atau proyek, kita akan terus memikirkannya dan bertekad untuk menyelesaikannya sampai kita bisa. Setiap langkah kecil yang kita ambil tidak hanya memberi kita dorongan untuk menyelesaikan, tetapi juga membebaskan pikiran kita sehingga kita dapat mulai mengerjakan sesuatu yang lain.

Jadi, hal terbaik yang harus dilakukan adalah mulai mengambil langkah kecil pertama kamu sejak lama. Misalnya, jika kamu ingin menyelesaikan artikel kamu minggu depan, buka laptop kamu dan beri judul hari ini.

Langkah selanjutnya adalah mulai menulis secara bebas tentang ide-ide yang ingin kamu tulis atau lakukan riset untuk menemukan ide-ide menarik untuk merencanakan penulisan artikel kamu. Ini akan membantu kamu fokus dan mendorong kamu untuk segera menyelesaikan tugas alih-alih menundanya.

4. Meningkatkan produktivitas

Seringkali, sulit untuk beralih ke hal berikutnya karena hal terakhir yang kita lakukan masih segar dalam pikiran kita. Kita mungkin merasa terlalu sibuk ketika memikirkan semua hal yang masih perlu kita lakukan. Ya, karena efek Zeigarnik, tentu saja. Untuk memperbaikinya, tuliskan semua yang perlu dilakukan.

Ini akan membantu menutup lingkaran mental yang terbuka dan mengurangi stres untuk memikirkan semua hal yang masih perlu dilakukan. Karena kita bisa lebih fokus pada satu tugas pada satu waktu, metode ini membantu kita menyelesaikan lebih banyak.

Kamu juga dapat menggunakan efek Zeigarnik untuk meninggalkan tugas yang belum selesai dengan sengaja. Jika ada jenis tugas dalam daftar tertulis yang membuat kita takut karena tampaknya sulit dilakukan, kita harus memulainya tetapi hanya mengerjakan setengahnya. Dan biarkan efek Zeigarnik mendorong kita untuk menyelesaikan tugas. Karena pikiran kita tidak suka memikirkan hal-hal yang tidak dilakukan.

Jadi, jika kamu ingin menggunakan efek ini untuk menyelesaikan lebih banyak, tuliskan semua hal yang perlu kamu lakukan agar kamu tidak terlalu kewalahan. Buat rencana langkah demi langkah untuk setiap tugas dan target waktu kapan tugas itu harus dilakukan. Fokus melakukan satu hal kecil pada satu waktu, dimulai dengan hal terpenting yang perlu dilakukan terlebih dahulu.

Kemudian, ketika kita memiliki pekerjaan besar yang harus dilakukan, kita harus mencoba menetapkan tujuan untuk menyelesaikan setiap langkah pekerjaan sampai setidaknya setengahnya selesai. Ini akan membuat kita lebih mungkin untuk menyelesaikan pekerjaan pada waktu kerja yang dijadwalkan berikutnya.

Sekarang setelah kamu mengetahui tentang Efek Zeigarnik, yang ternyata bermanfaat dalam banyak hal, kamu dapat menggunakannya dalam kehidupan sehari-hari.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak