alexametrics

5 Cara Ampuh Memulai Kebiasaan Membaca Buku

Prasetya Buana
5 Cara Ampuh Memulai Kebiasaan Membaca Buku
Ilustrasi perempuan membawa buku. (pexels.com/cottonbro)

Laman resmi Kominfo melansir, menurut data UNESCO, minat baca masyarakat Indonesia hanya 0,001%. Itu artinya, dari 1.000 orang, cuma 1 orang saja yang rajin membaca. Hasil ini menunjukkan fakta memprihatinkan bahwa budaya membaca di Indonesia sangatlah rendah.

Tentu, hal ini begitu ironis, mengingat kebiasaan membaca buku mampu memberikan banyak manfaat luar biasa. Oleh karena itu, aktivitas membaca buku perlu untuk lebih ditingkatkan lagi, minimal dimulai dari diri sendiri. Nah, berikut ada lima cara ampuh untuk memulai kebiasaan membaca buku. Yuk, cari tahu apa saja!

1.  Meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca

Langkah paling awal untuk memulai kebiasaan positif ini adalah meningkatkan kesadaran akan pentingnya membaca buku. Ketahui manfaat yang bisa kamu raih apabila rajin baca buku. Jangan lupa untuk yakinkan dalam hatimu bahwa buku merupakan jendela dunia. Oleh sebab itu, dengan membaca buku, kamu akan memperoleh pengetahuan baru dari berbagai penjuru dunia.

Jika kamu sudah memahami betul alasan dibalik pentingnya membaca buku, maka dijamin semangat membaca ini akan muncul dengan sendirinya.

2. Pilihlah jenis buku yang disukai

Ketika baru ingin memulai hobi membaca, sangat disarankan untuk memilih jenis atau topik buku yang disenangi. Hal ini bertujuan supaya kegiatan membaca buku jadi tidak membosankan.

Ada banyak pilihan jenis hingga genre buku yang bisa kamu coba baca, misalnya saja fiksi, nonfiksi, buku pengembangan diri, teenlit, romance, dan lain-lain. Apa pun jenisnya, buku akan selalu memberi pengetahuan bagi pembacanya. Jadi, jangan pernah ragu untuk membaca buku berdasarkan minatmu.   

3. Bacalah buku yang paling banyak direkomendasikan

Seandainya kamu masih bingung untuk menentukan jenis apa yang sebaiknya dibaca, kamu bisa meminta saran buku yang bagus dari beberapa temanmu. Jelaskan pula kepada mereka mengenai buku seperti apa yang sedang kamu cari, karena mungkin saja mereka punya rekomendasinya.

Apabila tak kunjung menemukan buku yang dirasa tepat, maka carilah sejumlah review buku yang bertebaran di internet maupun media sosial. Apabila perlu, kamu juga boleh datang langsung ke toko buku, di sana kamu bebas memilih yang tersusun di rak best seller. 

4. Membaca buku digital

Terkadang, membaca buku bukanlah perkara mudah bagi seseorang yang punya kesibukan padat dan sering bepergian. Nah, solusi terbaik supaya tetap bisa menyempatkan waktu untuk membaca yaitu beralih ke buku digital atau sering juga disebut e-book. Selain lebih praktis dan mudah dibawa ke mana-mana, harga buku digital juga terbilang murah ketimbang buku fisik.

Kamu tak usah khawatir soal kelengkapan judul buku berformat digital, karena sekarang ini sudah banyak buku-buku fisik yang memiliki versi e-book-nya juga. Dan perlu diingat, pastikan kamu membaca e-book yang legal, ya!

5. Buatlah jadwal untuk membaca

Supaya kegiatan baca buku ini bisa tumbuh menjadi suatu kebiasaan baru, kamu mesti memiliki waktu khusus untuk membaca. Misalnya, pada malam hari sebelum tidur, atau pagi usai bangun tidur, biasanya di kedua waktu tersebut tingkat konsentrasimu sedang bagus, sehingga membaca terasa lebih mudah.

Mulai dari sekarang dan seterusnya, sempatkanlah waktu setidaknya 15 menit dalam sehari untuk membaca beberapa lembar halaman buku. Jika dilakukan dengan sungguh-sungguh, seiring berjalannya waktu kamu akan terbiasa membaca buku, bahkan hingga betah berlama-lama.

Sebenarnya masih ada banyak lagi cara lainnya yang bisa diupayakan supaya kebiasaan baca buku dapat segera terbentuk. Nah, apakah kamu punya trik tersendiri untuk memulai hobi bermanfaat satu ini?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak