facebook

Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kamu Gagal Produktif

Prasetya Buana
Sering Disepelekan, 5 Kebiasaan Buruk Ini Bikin Kamu Gagal Produktif
Ilustrasi pria bekerja di kantor (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika ingin meningkatkan produktivitas, kamu mesti tahu cara untuk mengatasi rasa malas. Kalau tidak, kamu hanya akan kembali ke dirimu yang sebelumnya, tidak produktif, dan suka membuang-buang waktu secara percuma.  

Selain malas, faktor penghambat produktivitas itu beragam. Salah satunya bisa jadi karena kamu masih memelihara sejumlah kebiasaan buruk.

Berikut ialah sederet kebiasaan buruk yang sering kamu lakukan, dan membuat kamu jadi gagal produktif. Yuk, cek apa saja.

1. Kebiasaan menunda-nunda pekerjaan

Merasa masih punya banyak waktu biasanya menjadi alasan mengapa seseorang sering menunda-nunda pekerjaan. Padahal, kebiasaan satu ini jelas-jelas merugikan. 

Sebab, menyelesaikan suatu pekerjaan saat mendekati deadline hanya akan berpotensi buruk terhadap kualitas pekerjaan yang kamu usahakan. Sehingga, hasil yang diharapkan jadi kurang maksimal.

2. Membiarkan hal yang mendistraksi tetap berada di sekitar

Keberadaan internet, smartphone, maupun jenis gadget lainnya seharusnya kamu manfaatkan untuk menunjang produktivitas diri. Bukan malah membuat dirimu terlena, sehingga lupa dengan tugas yang ada di hadapanmu.

Jika kenyataannya masih begitu, sedapat mungkin kamu mesti menjauhkan diri terlebih dahulu dari hal-hal yang mendistraksimu. Setelah langkah ini dilakukan, dijamin kamu akan lebih fokus pada hal yang memang selayaknya kamu jadikan prioritas utama. Alhasil, waktumu tak akan terbuang lagi hanya karena hal yang tak begitu penting.

3. Multitasking

Melakukan dua hal dalam satu waktu atau biasa disebut multitasking justru bisa menyebabkan produktivitasmu menurun. Sebab, kebiasaan buruk ini membuatmu mudah kehilangan fokus, akibatnya banyak pekerjaan jadi tidak terselesaikan dengan baik.

Bukan hanya itu, penelitian juga menunjukkan kalau kebiasaan bekerja secara multitasking lama-kelamaan dapat merusak otak. Jadi, untuk menghindari dampak negatif tersebut, lakukanlah pekerjaan satu per satu, jangan langsung sekaligus.

4. Perfeksionis

Ingin melakukan segalanya dengan sempurna adalah sifat yang mesti kamu hindari ketika hendak meningkatkan produktivitas dalam bekerja.  

Saat melakukan pekerjaan kamu harus mengabaikan keinginan untuk menjadi sempurna. Karena jika tidak begitu, kamu hanya akan terus terpaku untuk menyempurnakan suatu tugas, alih-alih menyelesaikannya dan lanjut ke pekerjaan berikutnya.

5. Melewatkan istirahat

Menjadi seorang yang produktif bukan berarti kamu harus bekerja secara terus-menerus sampai-sampai mengesampingkan waktu istirahat. Hal ini tentunya sebuah kesalahan besar. Tanpa kondisi pikiran dan tubuh yang fit kamu malah akan tumbang, sehingga dapat mengganggu produktivitasmu di kemudian hari.

Oleh karena itu, sesekali luangkanlah waktu untuk istirahat di sela-sela kesibukan sehari-hari. 

Nah, itu tadi sederet kebiasaan buruk yang membuatmu jadi sulit produktif. Yuk, jangan pernah bosan untuk memperbaiki diri.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak