facebook

Tak Hanya Memperoleh Ilmu Baru, Ini 4 Manfaat Mengikuti Pelatihan

Xandra Junia Indriasti
Tak Hanya Memperoleh Ilmu Baru, Ini 4 Manfaat Mengikuti Pelatihan
Ilustrasi Mengikuti Pelatihan (pixabay)

Pelatihan adalah sebuah pembelajaran yang dilakukan di luar jam pendidikan formal. Waktunya sendiri cenderung lebih singkat, tapi berpengaruh besar terhadap kemampuan seseorang, khususnya dalam dunia kerja.

Tak hanya memperoleh ilmu baru, dengan mengikuti pelatihan juga memiliki manfaat lain yang tentunya berguna bagi masa depanmu. Nah, berikut ini 4 di antaranya.

1. Memperluas Relasi

Sudah diketahui, jika mengikuti pelatihan bisa mendekatkanmu pada relasi yang luas. Mereka yang tergabung biasanya berasal dari berbagai daerah dan pendidikan formal berbeda. Pertemuan ini seringkali menuju hubungan yang lebih intens dengan grup chat (whatsapp atau telegram).

Dengan memperluas relasi, berarti kamu juga telah berkoneksi tinggi, di mana nantinya sangat berguna bagi perjalanan karier atau bahkan hidup. Kamu pasti pernah dengar seberapa besar kekuatan sebuah koneksi terhadap berbagai situasi.

2. Menambah Informasi Bidang Terkait

Ketika mengikuti pelatihan, kamu juga akan sering memperoleh beragam informasi di bidang terkait. Misalnya berupa fakta, isu terkini, atau lowongan pekerjaan. Biasanya hal ini didapatkan melalui grup yang dibentuk oleh penyelenggara.

Kondisi seperti ini dapat membuatmu menjadi orang yang mungkin paling update dalam bidang tersebut. Tepatnya, di lingkungan pertemanan, sehingga semua kerabat dekat akan menganggapmu sebagai informan utama.

Intinya, pelatihan dapat menambah informasi bagimu dan juga orang lain.

3. Berguna sebagai Lampiran Daftar Kerja

Beberapa opini mengungkapkan bahwa ijazah saja tak cukup untuk melamar sebuah pekerjaan. Perlu adanya tambahan sertifikat yang diperoleh dari pelatihan sebagai lampiran dokumen lainnya.

Nanti, perekrut bisa tahu jika kamu memang berkompeten dalam mengisi posisi tersebut.

Selain itu, sertifikat juga membantu kamu yang tidak ingin bekerja sesuai jurusan pendidikan. Misal, lulusan akuntansi yang tertarik untuk bergabung dengan tim IT.

Perusahaan yang dituju mungkin akan mempertimbangkan hal tersebut. Terlebih jika turut mengembangkan diri dengan menciptakan portofolio. 

Dengan begitu, mereka akan melirik dan menjadikanmu karyawan di sana. Bukankah sangat menyenangkan saat dapat merealisasi sebuah pekerjaan yang selama ini diimpikan?

4. Mengembangkan Kemampuan Diri

Kebanyakan pelatihan akan berfokus pada praktek, sehingga  peserta dapat lebih siap untuk masuk ke dalam dunia kerja. Meningkatkan kemampuan dengan cara ini nyatanya dianggap sangat efisien, mengingat teori yang terkadang tidak sesuai dengan realita.

Rutin melatih diri dengan praktek juga memudahkan seseorang agar terbiasa melakukan sesuatu di bidang terkait. Poin-poinnya pun tidak terlalu sulit untuk diingat, karena porsi yang cenderung lebih sedikit daripada teori.

Jadi, kamu akan cepat beradaptasi ketika diposisikan pada bagian pekerjaan tersebut.

Itulah keempat manfaat mengikuti pelatihan berbagai bidang selain pendidikan formal. Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak