alexametrics

4 Jenis Bunga yang Melambangkan Kasih Sayang Selain Mawar

Xandra Junia Indriasti
4 Jenis Bunga yang Melambangkan Kasih Sayang Selain Mawar
Bunga Krisan (pixabay)

Bunga merupakan tanaman yang diketahui menjadi salah satu simbol kasih sayang. Namun, tak semua jenisnya melambangkan arti seperti ini. Banyak dari kamu yang mungkin mengetahui bahwa hanya mawar yang dijadikan tanda cinta. Padahal, masih ada bunga lain yang dijuluki sebagai lambang kasih sayang.

Nah, threebouquets, orami, dan popmama melansir 4 bunga yang melambangkan kasih sayang selain bunga mawar. Berikut 4 daftar bunganya dan bisa kamu jadikan referensi hadiah untuk orang tercinta.

1. Tulip

Bunga Tulip (pixabay)
Bunga Tulip (pixabay)

Selain mawar, bunga tulip juga menjadi perwakilan dari lambang kasih sayang. Bunga tulip identik dengan bentuknya yang menguncup dan memiliki beragam variasi warna. Tanaman ini dikenal sebagai ciri khas negeri Belanda serta Turki. 

Pertumbuhannya paling banyak sekitar bulan Maret hingga April. Meskipun dinilai kurang cantik dari segi bentuk, tulip merupakan bunga yang dijadikan simbol kasih sayang. 

Beberapa makna dari bunga tulip antara lain sebagai tanda kesempurnaan dan keabadian cinta, kasih sayang tanpa batas, kesenangan, kemakmuran, dan kelimpahan rezeki.

2. Anyelir

Bunga Anyelir (pixabay)
Bunga Anyelir (pixabay)

Bunga anyelir banyak tumbuh di kawasan Mediterania dan disebut sering digunakan para dewa untuk membuat karangan. Pohonnya bisa tumbuh hingga satu meter, serta tergolong ke dalam jenis hermafrodit, yakni mampu melakukan penyerbukan sendiri.

Bunga ini berbentuk tumpukan kelopak yang bisa dibilang menyerupai mawar. Warnanya sendiri beragam, mulai dari putih, merah, merah muda, kuning, ungu, hijau, hingga yang memiliki motif garis-garis. Namun, tidak semuanya melambangkan cinta.

Hanya tiga bunga anyelir yang memiliki simbol cinta. Pertama, warna putih yang menandakan kesetiaan, kasih sayang tulus dan murni, serta dipenuhi rasa syukur.

Selanjutnya adalah yang berwarna merah yang diartikan sebagai lambang cinta. Terakhir, ada anyelir pink yang memiliki arti kelembutan seorang wanita atau kasih sayang dari ibu. Dengan kata lain, bunga ini bisa kamu berikan sebagai penghormatan dan bukti cinta kepada orang-orang terdekat.

3. Lily

Bunga Lily (pixabay)
Bunga Lily (pixabay)

Bunga yang melambangkan kasih sayang selain mawar adalah bungan lily. Bunga lily menjadi bunga yang tergolong populer karena bentuk dan wanginya yang khas. Tanaman ini banyak ditemukan pada kawasan Asia, Amerika, Australia, dan Eropa.

Selain itu, usianya juga tergolong lama, meskipun kamu memindahkannya dalam pot. Lily putih juga dikenal dengan nama bunga bakung dan disebut sebagai lambang kasih sayang, kesetiaan, keberuntungan, perasaan tulus serta kecantikan. Tidak heran jika penggunaannya sering dipilih untuk acara pernikahan. 

Namun, perlu diperhatikan bahwa tanaman ini bisa menjadi racun bagi kucing. Oleh karena itu, untuk kamu yang memiliki piaraan tersebut agar menjauhkannya dari bunga lily.

4. Krisan

Bunga Krisan (pixabay)
Bunga Krisan (pixabay)

Bunga terakhir yang melambanhkan kasih sayang selain mawar adalah bunga krisan. Bunga krisan merupakan salah satu bunga yang sering dijadikan tanaman hias. Selain bentuknya yang cantik dengan kelopak kecil memanjang, keharumannya membuat krisan begitu disukai.

Cara merawatnya juga terbilang tidak sulit. Kamu hanya perlu mencukupi kebutuhannya akan asupan air dan sinar matahari. Ingat, jangan sampai berlebihan, karena dapat membuatnya layu bahkan membusuk.

Krisan juga bisa diolah menjadi teh yang baik untuk mengatasi flu serta menurunkan kolesterol. Bunga krisan terdiri dari beragam warna, namun yang melambangkan kasih sayang hanya merah. Varian ini seringkali dijadikan simbol cinta terhadap lawan jenis. Adapun untuk sahabat, biasanya ditunjukkan dengan krisan berwarna perak.

Itulah keempat bunga selain mawar yang juga melambangkan cinta dan kasih sayang. Kira-kira, mana yang akan kamu pilih untuk diberikan kepada orang terdekat atau tersayang?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak