alexametrics

5 Kesulitan Mempelajari Bahasa Asing, Kamu Merasakannya Juga?

Xandra Junia Indriasti
5 Kesulitan Mempelajari Bahasa Asing, Kamu Merasakannya Juga?
Ilustrasi Belajar Bahasa Asing (pixabay)

Memiliki kemampuan berbahasa asing merupakan sesuatu yang dianggap keren dan membuatmu terlihat berwawasan luas. Tidak heran jika banyak orang yang rela meluangkan waktunya untuk mempelajari hal tersebut.

Namun, dalam proses pembelajaran, ada beberapa bagian yang dianggap tidak mudah oleh banyak orang. Nah, di bawah ini 5 diantaranya yakni, kesulitan saat belajar bahasa asing.

1. Tata Bahasa

Kesulitan pertama yang kerap dihadapi saat mempelajari bahasa asing adalah tata bahasa. Tata bahasa adalah aturan yang berlaku dalam penggunaan bahasa dan menjadi hal tersulit. Dalam bahasa Inggris, ilmu ini dikenal dengan nama grammar. 

Banyak orang tidak menerapkannya untuk dialog sehari-hari, karena terlalu banyak. Meski pemakaiannya bisa dihindari, namun kamu tetap perlu mempelajari tata bahasa ini.

2. Pelafalan

Selanjutnya, kesulitan dalam mempelajari bahasa asing adalah pelafalan. Hal ini dikarenakan lidah yang belum terbiasa mengucapkan kata-kata tersebut. Maka, kamu harus sering berlatih agar lancar untuk melafalkannya.

3. Penguasaan Kosakata

Penguasaan kosakata menjadi target awal bagimu untuk belajar bahasa asing dari negara manapun. Pelaksanaannya memang termasuk sulit, mengingat jumlah kata yang tidak sedikit.

Namun, kamu bisa mempelajari kosakata dengan sesuatu yang ada di sekitar. Misal, anggota tubuh, perabotan rumah, cuaca, warna, dan masih banyak lagi. 

Menonton film atau video serta membaca buku juga dapat meningkatkan kemampuanmu di bidang kosakata. Pasalnya, kamu akan memperoleh kata hingga istilah baru disana.

4. Penulisan Huruf Khas

Kesulitan dalam mempelajari bahasa asing berikutnya, yakni penulisan huruf khas. Beberapa negara memiliki huruf khas, seperti Jepang (Kanji), Korea (Hangul), dan Thailand (Abugida). Banyak orang mengungkapkan pembelajaran mengenai aksara asing ini membutuhkan waktu yang cukup lama.

Penulisan huruf khas beberapa negara tersebut nyatanya tergolong sulit. Sebelum menulis, kamu bahkan diwajibkan untuk memahaminya terlebih dahulu. Oleh karena itu, perlu berlatih secara rutin agar mahir melakukannya.

5. Sesi Mendengar

Terakhir, ada sesi mendengar yang kerap disebut-sebut sebagai salah satu di antara kesulitan mempelajari bahasa asing. Sesi mendengar seringkali ditemukan pada tes TOEFL, TOEIC, dan sejenisnya. Tujuannya untuk menguji seberapa besar kemampuan-mu dalam menangkap kata melalui suara. 

Tidak sedikit orang yang mengatakan bahwa bagian ini sangat sulit. Pasalnya, rekaman yang diputar terkadang kurang jelas. Padahal cara ini termasuk ampuh untuk membantumu melakukan percakapan.

Nah, itulah 5 kesulitan mempelajari bahasa asing. Dari kelima poin di atas, mana yang menurutmu paling sulit saat belajar bahasa asing?

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak