alexametrics

5 Cara Meningkatkan Mood Belajar, Dijamin Nggak Gampang Bosan!

Prasetya Buana
5 Cara Meningkatkan Mood Belajar, Dijamin Nggak Gampang Bosan!
Ilustrasi perempuan mencari cara meningkatkan mood belajar. (pexels/George Dolgikh).

Belajar merupakan kegiatan yang kerap kali dicap membosankan oleh beberapa orang. Karena alasan itu pula, mereka jadi tak mampu melakukannya lama-lama.

Biasanya seseorang baru akan semangat belajar kalau suasana hatinya sedang mendukung. Tentu hal ini membuat kegiatan belajar jadi kurang efektif karena mood belajar tidak selalu datang setiap saat.

Oleh karena itu, mood belajar perlu ditingkatkan supaya kamu betah saat belajar. Nah, berikut ada lima cara meningkatkan mood belajar yang dijamin tak akan bikin kamu bosan.

1. Mendengarkan musik

Sambil mendengarkan musik kegemaran, kegiatan belajar tentunya tak akan membosankan. Terlebih, menurut penelitian, mendengarkan musik juga dapat meningkatkan kemampuan otak.

Ada beberapa jenis musik yang cocok untuk menemanimu saat belajar, misalnya saja lo-fi, musik klasik, atau binaural instrument. Jika masih bingung, coba cari saja playlist musik belajar di Spotify atau YouTube.

2. Pilih tempat belajar yang nyaman

Kalau ingin betah saat belajar, kamu mesti memilih tempat yang menurutmu paling nyaman. Bisa indoor ataupun outdoor, kamu bebas ingin belajar di mana saja, selama merasa sesuai dengan tempat tersebut.

Pertimbangkan juga untuk belajar di tempat hening jika kamu termasuk orang yang mudah terdistraksi oleh suara-suara di sekitarmu.

3. Hindari hal-hal yang mendistraksimu

Sebelum memulai kegiatan belajar, ada baiknya kamu menghindar terlebih dulu dari hal-hal yang dapat mendistraksimu. Seperti dengan mematikan televisi, atau menyimpan ponsel di laci.  

Hal ini dimaksudkan agar kamu tidak mudah kehilangan fokus ketika sedang belajar nantinya. Jika kamu telah berhasil mencapai target belajarmu, barulah boleh menghibur diri sendiri dengan mengecek media sosial atau menonton televisi barang sebentar.

4. Buat sesi belajar

Durasi belajar yang terlalu lama dan nonstop bisa bikin kamu mudah lelah, sehingga semangat belajar pun berangsur menurun. Jika terus dipaksakan, malah yang kamu pelajari tak akan masuk ke kepala.

Cobalah untuk membuat sesi belajar yang sesuai dengan kemampuanmu. Misalnya dengan menggunakan teknik pomodoro. Belajar 25 menit, istirahat 5 menit, lalu lanjut ke sesi belajar berikutnya selama 25 menit lagi, dan begitu seterusnya.

5. Temukan gaya belajarmu sendiri

Gaya belajar yang sesuai dengan kepribadian biasanya baru dapat kamu temukan setelah terbiasa dengan rutinitas itu sendiri. Oleh karena itu, kamu mesti konsisten dalam membangun kebiasaan belajar. 

Jika kamu telah berhasil menemukan gaya belajar yang cocok denganmu, maka kegiatan tersebut tak akan pernah lagi menjadi hal yang menjemukan buatmu.   

Itulah lima cara meningkatkan mood belajar. Yuk, tingkatkan semangat belajar!

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak