facebook

5 Cara agar Pikiran Terasa Ringan, Dijamin Tak Bikin Kalut

Prasetya Buana
5 Cara agar Pikiran Terasa Ringan, Dijamin Tak Bikin Kalut
Ilustrasi pria yang memiliki ketenangan pikiran. (pexels.com/Kelvin Valerio)

Kita sering menyesaki pikiran kita dengan berbagai macam penyesalan, kekhawatiran, juga ketakutan. Belum lagi, masalah-masalah kecil dalam hidup yang ikut merecoki ketenangan pikiran, tentunya membuat pikiran jadi semakit kalut.

Akibatnya, banyak pekerjaan dan kewajiban kita yang terhambat karenanya. Jika tidak segera dikendalikan, beban pikiran ini dapat mengganggu produktivitas dan kebahagiaan kamu. Nah, berikut ialah cara yang bisa dicoba agar pikiran terasa jauh lebih ringan.

1. Mulai mengurangi interaksi dengan orang-orang yang membuatmu tidak nyaman

Berada di sekitaran orang-orang yang toksik pastinya akan sangat melelahkan secara mental. Kamu sulit menjadi dirimu yang sebenarnya, dan perasaanmu sering tersakiti.

Lebih baik tinggalkan orang-orang yang membawa pengaruh buruk terhadapmu. Hindari pula lingkar pertemanan yang menurutmu tidak sehat.  

2. Fokus pada saat ini

Banyak orang sering menghabiskan sebagian besar waktunya hanya untuk meratapi pengalaman buruk di masa lalu. Ada juga yang terlalu mengkhawatirkan begitu banyak hal yang belum tentu akan terjadi di masa depan. 

Alih-alih membiarkan pikiran kita berkutat dengan dua hal tadi, lebih baik kamu membawa kembali fokusmu pada saat ini. Pada apa yang bisa kamu syukuri dan lakukan sekarang.

3. Luangkan waktu untuk diri sendiri

Menyisihkan sedikit waktu untuk diri sendiri sambil melakukan aktivitas favorit ampuh untuk mengusir aneka pikiran negatif yang menumpuk. Oleh karenanya, kegiatan yang disebut me time ini mesti kamu lakukan sesekali.

Tujuannya agar kamu terbebas dari stres berkepanjangan. Sekaligus memberimu kesempatan supaya bisa mengenal diri sendiri secara lebih mendalam.

4. Menjaga asupan makanan

Jika kamu tak memperhatikan makanan yang masuk ke dalam tubuhmu, maka besar kemungkinan berbagai masalah kesehatan bisa datang mengancam. Setelah kamu sakit, tentunya hal tersebut jadi beban pikiran baru.

Oleh sebab itu, mulai dari sekarang kamu harus bisa menjaga pola makan. Jangan menganggap bahwa apa yang kamu makan tidak akan mempengaruhi kesehatan pikiranmu.

5. Mengobrol bersama sahabat atau keluarga

Ada kalanya beban pikiran akan terasa sangat melelahkan apabila harus dihadapi seorang diri. Saat kamu tak lagi mampu menanggung semua itu sendirian, kamu boleh mencurahkan isi hatimu kepada orang lain yang kamu percayai. Bisa keluarga, atau sahabat.  

Tentunya dengan begitu kamu bakal merasa lega, dan mereka yang mendengar ceritamu juga bisa ikut memberikan dukungan dan memikirkan solusi terbaik atas masalah yang kamu hadapi.  

Ketenangan pikiran adalah kunci untuk menjalani kehidupan dengan damai. Apabila beban pikiran melanda, cobalah melakukan cara di atas agar pikiran kembali terasa ringan. 

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak