facebook

4 hal yang Bisa Dilakukan Orang Tua dalam Melatih Anak Berpuasa

Ahmad Dahri
4 hal yang Bisa Dilakukan Orang Tua dalam Melatih Anak Berpuasa
Ilustrasi seorang anak (pixabay)

Bulan suci ramadhan sebentar lagi. Puasa sebulan penuh bagi kaum Muslim akan segera berlangsung. Di samping sebagai rukun islam yang ke-4, puasa adalah bagian penting dalam melatih dan menjaga keimanan kepada Tuhan. Hal ini perlu diajarkan kepada anak-anak kita. Kalau memang masih kecil, latihannya adalah dengan puasa setengah hari. Begitu juga perihal sholat dan tadarus. 

Puasa memang menahan makan dan minum, tentu saja bagi anak-anak hal ini sangatlah sulit. Tetapi jika dilatih dari awal maka akan menjadi kebiasaan dan membawa manfaat. Nah, berikut adalah 4 hal yang perlu dilakukan dalam melatih anak berpuasa.

1. Memberi gambaran tentang puasa

Kebanyakan orang tua, hanya memerintahkan anaknya untuk puasa, tanpa menjelaskan pentingnya berpuasa. Gambaran tentang puasa, kewajiban sebagai manusia, dan manfaat berpuasa perlu dijelaskan kepada anak-anak. Agar mereka memahami dan mengerti apa itu puasa. 

2. Mengajak anak melakukan kegiatan yang menyenangkan

Saat menjalankan puasa, perlu kiranya kita mengajak anak-anak untuk melakukan hal-hal yang bermanfaat dan menyenangkan. Mengapa? Karena perlu ada pengalihan terhadap hal-hal di luar konteks makan dan minum. Sehingga anak menjadi tidak kepikiran tentang membatalkan puasa. 

3. Mengajak anak kita sholat tarawih berjamaah

Membiasakan anak-anak untuk melakukan sholat adalah tugas kita sebagai orang tua. Sehingga dalam bulan Ramadhan, perlu kiranya kita mengajak anak-anak kita untuk sholat tarawih berjamaah di mushola atau masjid. 

Dengan kebiasaan tersebut, paling tidak memberikan gambaran kepada anak-anak kita bahwa kegiatan di bulan ramadhan itu sangat beragam. 

4. Melatih bangun untuk sahur dan sholat subuh

Hal ini penting, di mana salah satu hikmah bulan Ramadhan adalah bisa bangun di sepertiga malam untuk sahur dan sholat malam di lanjut sholat subuh. 

Manfaat bagi anak-anak adalah membangun habit bagi anak-anak untuk bisa bangun di sepertiga malam. Untuk melakukan sahur dan sholat subuh berjamaah. 

Di samping itu, pemahaman tentang pentingnya sahur dapat dimengerti oleh anak. Bahwa agar biasa kuat puasa sehari penuh, maka harus makan sahur untuk modal energinya. 

Itulah 4 hal yang bisa kita lakukan dalam melatih anak berpuasa di bulan ramadhan. Semoga ramadhan kali ini kita diberi kebahagian dan ketenangan jiwa.

Tulisan ini merupakan kiriman dari member Yoursay. Isi dan foto artikel ini sepenuhnya merupakan tanggung jawab pengirim.

Tampilkan lebih banyak